Kesehatan

Lima Pilihan Bahan Alami untuk Mengatasi Masuk Angin

Rabu, 12 Desember 2018 - 03:44 | 116.59k
Madu dan Lemon, Salah satu bahan alami untuk mengatasi masuk angin. (FOTO: Brilicious)
Madu dan Lemon, Salah satu bahan alami untuk mengatasi masuk angin. (FOTO: Brilicious)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketika masuk angin menyerang, tentu Anda merasa malas melakukan aktivitas. Oleh karena itu, agar Anda tetap bisa beraktivitas seperti biasa, ada banyak cara mengatasi masuk angin yang bisa Anda lakukan. Berikut bahan alami yang dapat mengatasi masuk angin.

1. Madu dan Lemon

Madu terbuat dari serbuk sari bunga dan enzim dalam air liur lebah yang memiliki antioksidan, sifat antivirus, dan antibakteri. Kandungan tersebut sebagai cara mengatasi masuk angin dengan ampuh. Antioksidan dalam madu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara membuat obat masuk angin alami ini cukup mudah. Tambahkan dua sendok makan madu pada secangkir air hangat, air matang atau teh hijau. Tambahkan beberapa sendok teh perasan lemon untuk meningkatkan vitamin C.

2. Teh Jahe

Jahe mengandung senyawa gingerols yang dapat mengatasi rasa sakit, peradangan, kuman dan virus. Jahe menekan senyawa peradangan, menurut sebuah studi 2005 di Universitas Johns Hopkins di Baltimore.

Teh jahe adalah cara yang terbaik sebagai cara mengobati masuk angin. Sebaiknya minum teh jahe atau air jahe tanpa ditambahkan gula.

3. Makanan Pedas

Seperti yang kita tahu, makanan pedas membuat hidung Anda mengeluarkan cairan atau meler. Makanan pedas juga dapat menghilangkan masuk angin karena sifatnya yang menghangatkan badan. Bawang putih, cabai dan jahe adalah semua anti-peradangan yang ampuh, menjinakkan iritasi di hidung, tenggorokan, saluran pernapasan bagian atas, dan masuk angin.

4. Minyak Kayu Putih

Minyak yang satu ini sudah sejak dahulu digunakan untuk menghangatkan tubuh termasuk sebagai cara menyembuhkan masuk angin. Minyak kayu putih berasal dari pohon eukaliptus yang mengandung beberapa senyawa, salah satunya adalah cineole, yang memerangi virus, bakteri dan jamur.

5. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang mungkin memiliki sifat antimikroba. Menambahkan bawang putih ke menu makanan mungkin mengurangi keparahan gejala masuk angin dan pilek. Selain dapat mengatasi masuk angin, bawang putih juga bermanfaat menghilangkan rasa sakit atau peradangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES