Kesehatan

Makanan Sumber Asam Folat yang Penting untuk Kehamilan

Rabu, 12 Desember 2018 - 01:27 | 223.22k
Makanan sumber asam folat. (FOTO: Grid.ID)
Makanan sumber asam folat. (FOTO: Grid.ID)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bagi ibu hamil memenuhi kebutuhan asam folat sangat penting. Asam folat memiliki manfaat penting bagi kehamilan. Asupan asam folat yang cukup berpengaruh pada perkembangan otak janin dan mengurangi risiko bayi yang lahir cacat.

Asam folat bisa didapatkan dari buah dan sayur yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Berikut lima makanan sumber asam folat yang baik dikonsumsi ibu hamil.

1. Jeruk

Buah jeruk termasuk golongan buah yang mengandung asam folat tertinggi. Satu buah jeruk saja bisa memberikan sekitar 50 mcg asam folat, dengan kata lain apabila Anda mengkonsumsi 2 buah jeruk saja telah memenuhi 100 mcg.

2. Alpukat

Buah yang lembut ini terkenal memiliki kandungan lemak yang baik bagi tubuh. Ternyata buah alpukat juga mempunyai kandungan asam folat yang dapat memenuhi hingga 22 persen kebutuhan asam folat harian Anda. Terlebih lagi, alpukat juga kaya vitamin K serta serat yang berguna bagi tubuh.

3. Sayur Berdaun Hijau Tua

Sayuran berdaun hijau tua misalnya bayam, sawi hijau, kangkung, dan selada termasuk sayuran yang memiliki kandungan asam folat tinggi. Satu cangkir bayam mengandung sekitar 263 mcg folat atau mencapai 65 peren dari kebutuhan harian. Sementara satu cangkir sawi hijau 177 mcg atau sekitar 44 persen.

4. Kacang-kacangan

Kacang polong dan buncis adalah makanan dari jenis kacang-kacangan yang tinggi akan senyawa asam amino. Kacang lainnya termasuk kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah, dsb. Semangkuk kecil dari setiap jenis kacang ini sudah bisa memenuhi sebagian besar jumlah asupan harian asam folat yang dianjurkan.

5. Brokoli

Brokoli juga merupakan sumber asam folat yang baik. Hanya dengan satu cangkir brokoli saja mampu memberikan Anda sekitar 25 persen dari kebutuhan harian.

Penuhi kebutuhan asam folat debgan berbagai makanan sumber asam folat di atas. Selain itu selalu perhatikan kesehatan kehamilan Anda dengan mencukupi kebutuhan nutrisi penting lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES