Gaya Hidup

Tujuh Penyebab Lingkaran Hitam di Bawah Mata, Bukan Hanya Kurang Tidur Lho!

Kamis, 13 Desember 2018 - 13:25 | 126.55k
ILUSTRASI (FOTO: NEWSmedia)
ILUSTRASI (FOTO: NEWSmedia)

TIMESINDONESIA, JAKARTALingkaran hitam di bawah mata sering dikaitkan dengan kurang tidur atau kelelahan. Ternyata, tidak hanya hal itu. Ada beberapa penyebab lain yang bisa memicu lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda. Apa saja?

Dilansir dari Tempo, ada tujuh hal lain yang menyebabkan area di bawah mata jadi terlihat lebih gelap dari biasanya.

1. Gen dari Orang Tua

Menurut dokter kulit Bruce Katz, ada kondisi keturunan yang terjadi dalam keluarga yang dapat menyebabkan kulit di bawah mata menggelap. Hal ini sangat umum terjadi pada orang-orang dengan latar belakang Mediterania. Jika itu adalah pigmentasi, ada laser khusus yang dapat digunakan dokter kulit yang dapat membantu Anda menyingkirkannya.

2. Eksim

Meski eksim tidak secara langsung menyebabkan lingkaran hitam, namun rasa gatal sehingga menggaruk secara ekstrem juga dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. Menurut dokter kulit David E.Bank, saat menggaruk berlebihan dapat menyebabkan peningkatan pembengkakan, peradangan, dan pembuluh darah yang pecah di daerah mata, yang dapat memberikan kulit penampilan yang gelap dan hampir memar.

3. Alergi

Dokter Bank mengatakan, alergi sering memicu histamin di tubuh yang menyebabkan pembuluh darah membesar. Karena kulit di kelopak mata dan di bawah mata kita adalah yang paling tipis di dalam tubuh, bisa menyebabkan pembuluh darah yang membengkak tampak lebih gelap daripada bagian wajah lainnya.

4. Make Up

Meski make up dapat menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata, namun juga dapat memperburuk keadaan. “Beberapa orang mengembangkan reaksi alergi terhadap make up, dan mereka mendapatkan lingkaran dari iritasi, menggosok, dan menggaruk," kata Dr. Katz memperingatkan.

5. Struktur Tulang

Anehnya, lingkaran di bawah mata tidak ada hubungannya dengan kulit Anda yang sebenarnya. "Ketika orang-orang memiliki air mata yang tajam di bawah mata mereka, bayangan dan lekukan dapat menyebabkan munculnya kegelapan, tetapi sebenarnya tidak berasal dari pigmen atau vena," kata Dr. Katz.

6. Pembuluh Darah

Jika area mata terlihat sangat biru, itu bisa jadi karena pembuluh darah. "Vena biru di bawah mata Anda terlihat gelap juga, sehingga membuat kelopak mata dan di bawah mata tampak memiliki lingkaran hitam, tetapi sebenarnya hanya urat-urat di bawah kulit," jelas Dr. Katz.

7. Tidak Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Dokter Bank mengatakan, kulit kelopak mata adalah yang paling tipis di dalam tubuh, sehingga kerusakan akibat sinar matahari muncul dengan cepat di area ini dalam bentuk pelebaran dan peningkatan aliran darah. Hal ini bisa memicu lingkaran hitam di bawah mata atau yang sering disebut mata panda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Tempo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES