Ekonomi

Berkah PIWS, Pemuda Asal Jaddung Sumenep Sukses Jadi Pengusaha Pentol

Selasa, 11 Desember 2018 - 13:04 | 263.37k
Usaha Pentol Mahdi, di Dusun Bulu, Kecamatan Pragaan, Sumenep, Jawa Timur. (FOTO: Ach. Qusyairi Nurullah/TIMES Indonesia)
Usaha Pentol Mahdi, di Dusun Bulu, Kecamatan Pragaan, Sumenep, Jawa Timur. (FOTO: Ach. Qusyairi Nurullah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMENEP – Pemuda Asal Jaddung, Kecamatan Pragaan, Sumenep, Jawa Timur, kini sukses jadi pengusaha pentol. Kesuksesannya itu merupakan berkah dari pelatihan kewirausahaan yang digelar oleh PIWS  (Pusat Inkubator Wirausaha STKIP PGRI Sumenep) 2017 lalu.

Bermula dari coba-coba, usaha pentol yang digelutinya laris, Mahdi (26) kemudian mengumpulkan tiga orang ibu rumah tangga yang memang tetangganya sendiri untuk membuat pentol.

pengusaha-pentol-2.jpg

"Dua laki-laki sebagai penjual pentol keliling. Saya bekali mereka dengan sepeda motor. Alhamdulillah sekarang sudah berjalan baik," kata Mahdi saat ditemui di Rumahnya, Selasa (11/12/2018)

Mahdi mengungkapkan, lima orang karyawan itu kini makin rajin karena merasa mendapat pekerjaan tanpa harus menjadi TKI ke luar negeri. Meski digaji tak sesuai UMK, upah yang diberikan cukup untuk membuat dapur mengepul.

"Penjula pentol keliling saya gaji Rp1,5 juta per orang. Beda transpot dan bonus penjualan. Sementara yang ibu-ibu itu saya kasi Rp1 juta. Kerjanya kan cuma 4-6 jam. Jadi tidak mengganggu bila ada kesibukan lain di rumahnya," paparnya.

Disinggung soal omzet, tiap minggu usaha pentol yang digelutinya mencapai Rp3,5 sampai 4 juta. Rata-rata pendapatan per bulan berkisar Rp. 15 juta lebih. Ia memulai usahanya setelah mengikuti pelatihan wirausaha oleh PIWS.

"Bukan PIWS yang membuat saya sukses, tetapi PIWS itu adalah embrio dari apa yang sudah saya capai sekarang," pungkasnya.

Diketahui, PIWS adalah pusat pelatihan wira usaha muda Sumenep yang digagas oleh Bupati untuk mencetak seribu pengusaha muda. Program itu merupakan bagian dari janji politik sebelum A. Busyro Karim terpilih untuk periode ke dua. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Madura

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES