Gaya Hidup

Tetap Sehat Meski Sedang Stres, Ini Caranya

Kamis, 13 Desember 2018 - 09:16 | 58.80k
ILUSTRASI (FOTO: Pinterest)
ILUSTRASI (FOTO: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTAStres bisa menyerang siapa saja. Penyebabnya, bisa karena tuntutan kerja, lelah, babkan karena menghadapi masalah keluarga. Banyak orang kurang mampu mengelola stres dengan baik. Hal ini sangat merugikan karena dapat memengaruhi kualitas hidup. Sebenarnya, ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan agar tetap sehat dan meski dilanda stres.

Dilansir dari Klik Dokter, berikut tujuh cara agar stres yang Anda alami tidak makin parah atau memperburuk keadaan.

1. Berhenti Terus Memikirkannya

Pertama-tama, hal yang harus Anda lakukan adalah menyadari emosi negatif tersebut, dan jangan sampai terjebak menjadi ruminasi (memikirkan kejadian yang membuat Anda stres secara berulang-ulang). Ketika Anda mengalami ruminasi, Anda akan lebih fokus terhadap apa yang salah ketimbang mencari solusi yang tepat. Ruminasi ini sangat umum dialami orang, dan seperti halnya kebiasaan buruk, dapat diubah.

2. Cukupi Waktu Tidur

Kurang tidur adalah salah satu faktor yang bisa membuat tingkat stres makin menjadi-jadi. Saat tidur Anda kurang, selain menjadi lebih reaktif terhadap stres, fungsi kognitif Anda juga menjadi tidak tajam. Akibatnya Anda akan menjadi sulit berkonsentrasi dan sering membuat kesalahan, dan hal ini bisa menyebabkan siklus kecemasan yang lain lagi. 

3. Hindari Junk Food

Apa yang Anda makan dapat mempengaruhi pikiran dan perasaan Anda. Sama seperti kurang tidur dapat membuat Anda lebih reaktif, mengonsumsi junk food juga demikian. Karena itu, sebisa mungkin makanlah makanan yang bergizi tinggi saat stres, betapapun lidah Anda menginginkan asupan yang manis dan berlemak seperti cokelat atau hamburger. 

4. Jangan Terlalu Sibuk

Ketika Anda terlalu sibuk, Anda akan merasa lebih tertekan karena kurangnya waktu istirahat atau relaksasi. Jika jadwal harian Anda dipenuhi dengan aktivitas yang memicu stres atau tidak perlu, tenaga pun akan semakin terkuras. Belajarlah untuk berkata “tidak” dan membuang hal-hal yang tidak bermanfaat dari hidup Anda, agar tidak terus-menerus frustrasi. 

5. Olahraga

Olahraga dapat membantu menurunkan stres dalam jangka pendek dan membangun ketahanan Anda terhadap stres dalam jangka panjang. Banyak orang tahu ini namun tetap malas melakukannya, apalagi ketika sedang stres. Segeralah berolahraga jika stres melanda untuk mencerahkan suasana hati Anda.

6. Tetap Optimis

Mengembangkan sikap optimis tidak hanya membantu Anda merasa lebih bahagia dan lebih bersyukur atas apa yang dimiliki. Hal ini juga dapat membantu Anda melihat peluang yang mungkin Anda lewatkan jika Anda lebih fokus terhadap hal-hal yang membuat stres. Ingat, Anda tetap memiliki kontrol untuk memperbaiki diri dan menjadi lebih baik.

7. Kelola Stres dengan Baik

Mengelola stres menjadi salah satu cara agar tetap sehat meski sedang stres. Stres tentu tidak boleh diabaikan, tetapi harus diselesaikan dengan manajemen stres (stress management). Manajemen stres adalah proses yang berkelanjutan, bukan tindakan satu kali. Penting untuk memiliki rencana manajemen stres secara keseluruhan yang mencakup: mengenal stresor, cara menyikapi stres, menyadari stres yang dialami, dan bagaimana agar tingkat stres terlalu tinggi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : klikdokter.com

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES