Kesehatan

Yuk, Jaga Kesehatan Mata dengan Konsumsi Makanan Sehat Ini

Selasa, 11 Desember 2018 - 01:14 | 35.13k
Tips menjaga kesehatan mata. (FOTO: Hello Sehat)
Tips menjaga kesehatan mata. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKesehatan mata menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan. Dengan mata kita bisa melihat dunia dan isinya. Namun, di era digital seperti sekarang ini, mata rentan mengalami penurunan dalam melihat. Untuk mencegah berbagai penyakit mata, kita bisa mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan vitamin, mineral, dan juga nutrisi yang penting untuk mata.

Dilansir dari Nova, berikut makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

1. Ikan

Ikan seperti salmon, tuna, dan lainnya kaya kandungan asam lemak omega-3. Kandungan ini sangat baik untuk kesehatan mata kita terutama retina.

Lemak sehat ini mencegah glukoma dan sindrom mata kering, serta berkontribusi pada perkembangan visual yang tepat.

2. Telur

Makanan yang satu ini sangat bagus untuk kesehatan mata karena kandungan zinc, zeaxanthin, lutein, dan vitamin A. Kandungan tersebut terdapat pada kuning telur yang bisa melindungi mata dari cahaya biru yang berbahaya.

Vitamin A mampu melindungi kornea. Sedangkan lutein dan zeaxanthin bisa menurunkan kemungkinan katarak, dan zinc berkontribusi pada kesehatan retina mata.

3. Almond

Jenis kacang-kacangan yang satu ini mengandung vitamin E yang melindungi molekul yang tidak stabil, yang menargetkan jaringan sehat mata. Mengonsumsi almond setiap hari bisa membantu mencegah katarak dan degenerasi makula terkait usia.

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E. Sayuran ini juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang bisa menurunkan risiko penyakit mata jangka panjang.

5. Wortel

Wortel memang dikenal mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Sayuran ini berada di urutan paling atas dalam kategori kesehatan mata. Selain sebagai sumber vitamin A, wortel juga mengandung beta karoten yang baik. Kedua kandungan yang ada di dalam wortel ini bisa membantu permukaan mata dan juga bisa mencegah berbagai infeksi mata serta penyakit mata serius lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES