Kesehatan

Mengenal Madu Hitam dan Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit

Selasa, 11 Desember 2018 - 04:43 | 113.92k
Madu Hitam. (FOTO: Sonja Langford/unsplash.com)
Madu Hitam. (FOTO: Sonja Langford/unsplash.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Madu merupakan salah satu bahan alami yang dikenal dengan beragam manfaatnya. Tidak terkecuali dengan madu hitam yang menjadi salah satu madu eksklusif. Bahkan madu hitam disebut-sebut mampu menjaga kesehatan kulit agar tetap terlihat awet muda.

Dilansir dari Dokter Sehat, berikut manfaat madu hitam yang bisa Anda dapatkan, khusunya untuk kesehatan kulit.

1. Mengandung Antioksidan

Dilansir dari laman Inet Article, salah satu kandungan bahan aktif yang ditemukan pada madu hitam adalah antioksidan. Antioksidan merupakan salah satu bahan aktif yang bekerja secara optimal dalam melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas.

Seperti yang telah diketahui, radikal bebas membuat sel kulit mengalami penuaan dini. Kondisi yang demikian menjadikan kulit kehilangan kolagen dan menjadikan kulit berkeriput. Tentu saja kondisi yang demikian menjadikan kulit tampak kurang menarik.

2. Dilengkapi dengan Zat Besi

Siapa yang menyangka jika madu hitam juga dilengkapi dengan kandungan mineral. Salah satunya adalah zat besi. Kandungan zat besi pada darah ternyata juga memegang peranan penting pada kulit. Saat Anda kekurangan zat besi, kulit akan terlihat pucat dan tidak segar.

Berbeda dengan kulit yang asupan zat besinya terpenuhi akan terlihat lebih segar dan glowing. Nah, tentu saja kondisi kulit yang demikian juga menjadikan kulit tampak lebih awet muda. Apalagi kekusaman kerap membuat kulit tampak lebih tua dari umur sebenarnya.

3. Lactic Acid

Jerawat merupakan salah satu masalah utama pada kulit yang kerap menjadi momok bagi sebagian besar orang. Jerawat tidak hanya membuat kulit meradang, tetapi juga meninggalkan bekas yang merusak jaringan tius.

Kondisi demikian rupanya justru akan memperjelas dan memicu garis-garis halus pada sudut wajah. Namun, jangan khawatir karena madu hitam juga mengandung lactic acid yang ampuh dalam membasmi bakteri penyebab jerawat secara menyeluruh.

Madu hitam atau yang kerap disebut sebagai raw honey ini memang memiliki warna yang lebih hitam dibandingkan madu pada umumnya. Kendati banyak digunakan sebagai obat alami, Anda juga dapat memanfaatkan madu hitam sebagai salah satu bahan merawat kesehatan kulit. Terutama dalam menghindari masalah penuaan dini agar terlihat awet muda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Dokter Sehat

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES