Politik

Burhanuddin Muhtadi: Kepuasan Publik pada Pemerintah Jokowi Masih Tinggi

Senin, 10 Desember 2018 - 22:46 | 282.02k
Paparan Survei LSI (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)
Paparan Survei LSI (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Peneliti senior Lembaga Survei Indonesia (LSI) Burhanuddin Muhtadi mengungkapkan, publik masih memberi rapor biru pemerintahan Jokowi. Banyak alasan pemberian rapor biru itu.

Pertama adalah membangun jalan-jalan umum yang menjadi proyek mahkota pemerintahan Jokowi. "Bukan sekedar klaim, tapi diakui oleh publik 72% masyarakat menganggap pembangunan jalan umum semakin baik," ucap Burhanuddin Muhtadi i kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (10/12/2018).

Burhanuddin menambahkan, untuk membuat pelayanan kesehatan seperti, Puskesmas hingga Rumah Sakit yang terjangkau oleh warga pada umumnya, dinyatakan jauh lebih baik ketimbang yang mengatakan semakin buruk dengan persentase 66%.

Sedangkan, untuk pembangunan pembangkit listrik juga secara umum diapresiasi positif oleh responden. Sebanyak 59% responden menganggap bahwa kinerja pemerintahan Jokowi dalam soal ini baik.

"Jadi ada kurang lebih 8 item yang nilainya diatas 50% yang mengatakan lebih baik. Termasuk membangun jalan tol di luar pulau Jawa, membangunçc jalan trans antar provinsi di luar pulau čJawa, membuat sekolah/perguruan tinggi terjangkau, menyediakan sarana ćltransportasi umum, dan menanggapi keluhan mayarakat terkait layanan publik," ungkapnya.

Di sisi lain, hasil responden menyatakan pencegahan korupsi dan penegakan hukum terhadap para korupsi di bawah 50%. Artinya kinerja pemerintah Jokowi atas dua hal ini terbilang tidak baik.

"Meskipun lagi-lagi secara fair kita bandingkan mereka yang mengatakan semakin baik dikurangi mereka yang mengatakan semakin buruk netnya masih positif," sambung Burhanuddin Muhtadi. Survei LSI dilakukan pada 8-10 Oktober 2018 dengan 2000 responden yang dipilih secara acak dengan metode multistage random sampling. Tingkat kepercayaan 95%. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES