Kesehatan

Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Bantu Diet Lho!

Selasa, 11 Desember 2018 - 06:36 | 352.33k
ILUSTRASI - Masker Putih Telur Untuk Kesehatan Kulit (FOTO: healthfreedoms)
ILUSTRASI - Masker Putih Telur Untuk Kesehatan Kulit (FOTO: healthfreedoms)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Telur menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Bukan hanya karena rasanya yang enak, telur juga mudah diolah dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat ini diperoleh dari masing-masing bagian telur, yakni kuning telur dan putih telur. Kali ini kita akan mengulas manfaat putih telur.

Putih telur mengandung lebih dari separuh protein pada telur. Kalori di dalam putih telur juga sangat rendah yakni hanya 17 kalori dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

Dilansir dari Boldsky, berikut manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi putih telur.

1. Baik untuk Ibu Hamil

Satu putih telur sama dengan empat gram protein. Perempuan hamil yang mengonsumsinya lebih banyak selama kehamilan akan memiliki lebih banyak energi dan rasa lelah pun akan berkurang. Mengonsumsinya juga bisa mencegah bayi prematur dengan berat lahir rendah.

2. Diet

Mengonsumsi telur rebus untuk sarapan akan membuat perut kita kenyang lebih lama.Protein yang tinggi akan membuat kita kenyang dan hasilnya kebiasaan ngemil yang tidak sehat pun akan berkurang.

3. Memperkuat Otot

Protein sangat penting untuk membangun otot yang kuat. Kita bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi putih telur. Jika kita merupakan orang yang suka berolahraga secara teratur maka perlu makan putih telur setelah latihan. Ini akan meningkatkan massa otot kita.

4. Baik untuk Saraf Otak

Putih telur mengandung kolin dan nutrisi makro yang membantu dalam proses metilasi yang terlibat dalam pembuatan DNA. Putih telur mendukung untuk fungsi saraf dan otak serta membantu dalam detoksifikasi.

5. Mencegah Katarak

Putih telur mengandung banyak riboflavin yang bisa membantu mencegah kondisi tertentu seperti katarak mata dan migrain yang berhubungan dengan sakit kepala.

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Telur mengandung kolagen di dalam membran yang hadir di luar putih telur. Jadi jika kita ingin memiliki kulit sehat, sertakan banyak putih telur dalam makanan kita. Bukan hanya mencegah keriput namun juga akan memberi nutrisi yang dibutuhkan kulit.

Itulah manfaat putih telur untuk kesehatan tubuh. Mulai sekarang jangan malas mengonsumsi putih telur, ya. Namun ingat, selalu perhatikan cara pengolahan dan porsi yang tepat agar manfaatnya lebih maksimal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Boldsky

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES