Peristiwa Nasional

Arteria Dahlan: Cegah Korupsi dengan Bangun Sistem Nilai Berkeindonesiaan

Senin, 10 Desember 2018 - 19:45 | 124.20k
Arteria Dahlan (FOTO: Eramuslim)
Arteria Dahlan (FOTO: Eramuslim)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di sela kesibukannya kunjungan kerja Komisi III DPR RI ke Turki, anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDIP Arteria Dahlan menyampaikan banyak pesan pada generasi muda Indonesia. Khususnya dalam hal pemberantasan korupsi di Indonesia. 

"Hari Anti Korupsi dunia yang diperingati setiap 9 Desember harus kita jadikan momentum bagi bangsa ini untuk memerangi korupsi," ucap Arteria Dahlan

Bagaimana pandangannya tentang pemberantasan dan pencegah korupsi? Apa pula resep dan pesan khususnya untuk generasi muda terkait korupsi yang banyak menyengsarakan rakyat? Berikut petikan wawnncara TIMES Indonesia dengan Arteria Dahlan lewat sambungan telepon. 

Tanggal 9 Desember diperingati sebagai Hari Anti Korupsi Sedunia. Apa makna di balik peringatan ini?
Peringatan ini tentu sebagai pengingat kepada kita semua bahwa korupsi adalah kejahatan yang harus selalu mendapatkan perhatian khusus. Mengapa? Karena da.paknya yang luar biasa. Peringatan hari anti korupsi ini harus sama-sama kita jadikan momentum untuk memeranginya. 

Termasuk momentum bagi generasi muda?
Pasti dong. 

Maksudnya seperti apa?
Begini ya. Generasi muda adalah tonggak perjuangan bangsa ke depan. Sementara tantangan terbesar bangsa ini adalah korupsi itu. Di sinilah revolusi mental berperan. Karena melawan korupsi ini bagian dari revolusi mental agar generasi bangsa ini kedepanya benar-benar menjadi generasi besar yang bisa bersama melawan yang namanya korupsi.

Bagaimanakah seharusnya generasi milenial saat ini memaknai Hari Anti Korupsi?
Generasi muda harus terus berada di garda terdepan sebagai patriot-patriot anti korupsi. Nah sebagai seorang patriot tentunya adalah seseorang yang memang punya integritas yang kuat terhadapap isu-isu korupsi. Satu lagi, sebagai patriot tentunya juga tidak mudah tergoda hanya terhadap hal-hal yang bersifat materiil namun jelas hal tersebut merugikan negara.

Secara umum, bagaimana mengatasi praktik korupsi di negeri ini?
Korupsi adalah extra ordinary crime. Ini merupakan kejahatan luar biasa. Jadi cara menanganinya juga harus dengan cara luar biasa. Pastinya selalu mendapatkan perhatian khusus. Ini karena daya rusaknya yang luar biasa massive dan sistemik bagi bangsa ini. 

Konkretnya?
Kita pertegas bersama-sama terkait komitmen moral maupun konsistensi gerakan kebangsaan di dalam pemberantasan tindak pidana korupsi. Gerakan ini harus tanpa henti, harus tidak kenal letih. Makanya saya berharap bahwa momen peringatan Hari Anti Korupsi ini dapat dijadikan pondasi bagi diri untuk berperilaku disiplin untuk berani tidak korupsi. 

Di Indonesia pemberantasan korupsi sudah banyak digaungkan, namun yang terpenting bagaimana mencegahnya. Menurut Anda?
Benar sekali. Karena memberantas saja, tanpa menghilangkan bibit perilaku koruptif akan menjadi sia-sia. Seperti halnya saat ini di mana penegak hukum hanya berusaha untuk menjadi tukang sapu yang baik. Sementara sampahnya dibiarkan saja berdatangan tanpa ada upaya pencegahan yang optimal. 

Lalu, menurut Anda bagaimana solusinya?
Solusinya adalah dimulai dari diri kita sendiri. Disiplin untuk tidak korupsi. Mau dan sanggup serta berani hidup apa adanya, dan tidak konsumtif. Perlu juga memperbaiki sistem nilai untuk kembali pada sistem nilai yang berkeindonesiaan. 

Implementasi sistem nilai berkeindonesiaan itu seperti apa?
Ya bahasa singkatnya kita harus mau dan berani untuk melakukan revolusi mental. Tentunya yang diharapkan untuk menjadi motornya adalah anak muda atau generasi milenial. Sebagai penerus generasi bangsa ini ke depannya, di samping memiliki banyak waktu dan tenaga, generasi milenial pastinya memiliki idealisme yang sangat tinggi dan masih belum tersandera kepentingan apapun, belum ada atau belum banyak dosa. Jadi pastinya lebih obyektif dan lebih lantang bicaranya. 

Bagi Arteria Dahlan generasi ini harus giat dan mampu menjadi motor yang benar-benar bergerak bersama melawan korupsi. "Ayo pemuda, kalian bisa," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES