Pendidikan

UB Malang Sukses Pertahankan Akreditasi A BAN-PT

Senin, 10 Desember 2018 - 18:37 | 135.56k
Universitas Brawijaya Malang. (FOTO: dok TIMES Indonesia)
Universitas Brawijaya Malang. (FOTO: dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Brawijaya atau UB Malang kembali mempertahankan Akreditasi A BAN-PT. Berdasarkan keputusan BAN-PT No. 328/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018. UB Malang dinyatakan mendapatkan peringkat terakreditasi A. Sertifikat ini berlaku selama lima tahun sejak tanggal 4 Desember 2018 sampai dengan 4 Desember 2023.

Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) UB Malang Achmad Wicaksono mengatakan, bahwa nilai batas untuk mendapat akreditasi A adalah 361 ke atas. Hal ini berarti dari sisi nilai UB Malang sudah dinyatakan layak.

"Namun, masih banyak yang harus kami kerjakan dan perbaiki terutama dari segi SDM," katanya.

Ia menyebutkan bahwa pengembangan SDM dan percepatan jabatan dosen merupakan hal yang perlu diperbaiki. Karena itu, sejumlah dosen harus didorong untuk mempercepat pengurusan kepangkatan dan melanjutkan jenjang pendidikan S3.

Ia menambahkan dalam standarisasi, BAN PT menerapkan bahwa sebuah perguruan tinggi setidaknya mempunyai 50 persen dosen S3, namun dosen S3 di UB masih sekitar 36 persen.

"Sedangkan untuk dosen berpangkat lektor kepala di UB baru mencapai hamper 18 persen. Ini masih sangat kurang sekali karena BAN PT menerapkan standar sebuah perguruan tinggi mempunyai nilai minimal 50 persen dosen berpangkat lektor kepala,"katanya.

Sementara, di bidang tata kelola dan standar penjaminan mutu, UB Malangsudah bagus dan menjadi tolok ukur nasional karena dinilai oleh BAN PT sudah cukup bagus.

Sebagai informasi telah disampaikan bahwa akreditasi UB Malang akan habis masa berlakunya pada akhir Januari 2019. Oleh karena itu, UB Malang sudah menyusun dokumen borang akreditasi dan evaluasi diri sejak satu tahun yang lalu dan mengirimkannya pada pertengahan Juli lalu. Hasilnya Akreditasi A BAN-PT sukses dipertahankan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES