Pendidikan

Tadabbur Alam MTsN 1 Kota Malang: Berwisata Sambil Sinau Ayat-Ayat Alam

Senin, 10 Desember 2018 - 17:26 | 283.54k
Para siswa kelas 9L berfoto bersama dengan latar belakang Tangkuban Perahu. (FOTO: Rifqy Rezfany/TIMES Indonesia)
Para siswa kelas 9L berfoto bersama dengan latar belakang Tangkuban Perahu. (FOTO: Rifqy Rezfany/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Seluruh siswa kelas 9 MTsN 1 Kota Malang menggelar Tadabbur Alam ke sejumlah tempat di Bandung, Jabar. Banyak hal menarik dalam acara yang berlangsung 9-13 Desember ini. Berikut catatan M. Rifqy Rezfany, siswa kelas 9L. 

Minggu pagi (9/12/2018) kami semua berangkat dari sekolah. MTsN 1 Kota Malang di Jl Bandung. Tujuh bus eksekutif mengantar kami semua.

tangkuban-perahu.jpg

Kebetulan saya berada di bus 7. Paling akhir sih. Tapi, semuanya enak. Busnya juga baru. Tempatnya lega, plus kalau mau tidur sudah disediakan selimut dan bantal. Lumayan untuk perjalanan jauh.

Bus yang kami tumpangi berangkat tepat pukul 08.15 WIB. Rombongan beriringan. Para orang tua kami tampak melepas keberangkatan. Hmm, jadi ingat saat mengantar haji saudara dulu. Ramai banget. 

Bus meluncur dari Kota Malang. Menyusuri jalanan kota tempat kelahiranku. Meski ingin tidur di dalam bus, tapi rasanya sayang jika dibuat tidur. Apalagi teman-teman sekelas senang guyonan. Jadinya kami semua menikmati perjalanan dengan senang hati.

tangkuban-perahu-2.jpg

Perjalanan dari Malang ke Bandung cukup lama. Bayangkan saja, berangkat jam 08.00, baru sampai ke Lembang, Bandung, sekitar pukul 05.20 an hari Senin. Itu berarti perjalanan kurang lebih 21 jam. Wow... saya di bus selama itu. Asyeek deh.

Meski perjalanan hampir sehari semalam, namun suka cita kami menghilangkan rasa capek. Kami semua menikmati. Apalagi saat berhenti untuk makan dan shalat. Semua teman-teman sangat menikmatinya. Pak Mujiono, guru pendamping kami yang kebetulan wali kelas 9L, juga sangat sabar mengawal kami. Sembah nuwun Pak!

Begitu juga pak kondektur dan pak sopir. Juga ada dari pihak travel. Mereka baik-baik orangnya. Suka guyon dan mengarahkan kami. Terima kasih pak sopir yang dengan santai melajukan bus sehingga kami semua sangat menikmati perjalanan ke Bandung.

Sesampai di Bandung, kami singgah di Rumah Makan Kurnia Jawa Timur. Di sini kami makan pagi. Juga bersih-bersih diri. Ada teman yang mandi, ada yang hanya cuci muka. 

Saat makan malam kami juga singgah di rumah makan dengan nama yang sama. Rumah Makan Kurnia Jawa Timur. Tapi tempatnya di Kendal, Jawa Tengah. Sepertinya banyak cabang rumah makan ini. Kata Pak Sopir, ada juga yang di daerah Situbondo, Jatim.

Rumah makannya bersih dan enak. Kamar mandinya juga enak. Airnya lancar. Cocok untuk transit kala berwisata ke Bandung ini. Semoga yang bagus-bagus di rumah makan ini terus dikembangkan dan ditingkatkan lagi.

tangkuban-perahu-3.jpg

Usai makan pagi, kami pun berangkat ke lokasi wisata. Tujuan pertama adalah Gunung Tangkuban Perahu. Gunung ini cukup melegenda karena cerita rakyatnya. Bacaan-bacaan di Perpus MTsN 1 Kota Malang, jika kita jeli, akan menemukan buku yang menceritakan kisah terjadinya gunung ini. 

Meski itu hanya cerita rakyat, namun saya menemukan banyak hal yang ada di gunung ini. Memang perjalanan ini tidak hanya sekedar wisata, tapi juga ada makna tadabbur. Yang saya tahu tadabbur ini tidak hanya sebatas perjalanan saja. Tapi bagaimana perjalanan itu bisa memberi manfaat lahir batin pada kita semua.

Ada banyak hal yang bisa kita ambil untuk memaknai perjalanan ini bagi kami yang masih berstatus siswa. Ada banyak tanda-tanda atau ayat-ayat alam yang bisa kita petik maknanya. 

tangkuban-perahu-4.jpg

Saat berada di gunung, kami semua begitu merasa hening dalam balutan keindahan alam pegunungan. Ciptaan Allah yang indah ini menjadi bagian ayat-ayat alam yang luar biasa untuk kita jadikan pelajaran. 

Allah tidak hanya menciptakan keindahan alam Gunung Tangkuban Perahu, tapi di sinilah Allah memberikan banyak rejeki pada hamba-Nya. Banyak pula manusia yang disenangkan oleh Allah lewat Tangkuban Perahu ini. Termasuk kami yang jauh dari gunung ini. 

Allah juga sangat adil. Meski kami di Malang juga dikepung gunung, tapi justru kami berwisata ke gunung di Jawa Barat ini. Tentu ini kehendak Allah. Karena memang ada rejeki Allah yan ditebarkan ke orang-orang di sekitar gunung ini lewat kedatangan kami ke sini. 

MasyaAllah. Banyak sekali hal-hal yang bisa ditadabburi dari perjalanan ini. Semoga besok bisa kita merenungi lagi perjalanan ini ya. Termasuk yang ada Farm House Lembang. Tunggu ya lanjutannya, mau istirahat dulu. Ceriooo....

Seperti diketahui seluruh siswa kelas 9 MTsN 1 Kota Malang menggelar Tadabbur Alam ke sejumlah tempat di Bandung, Jabar, selama 5 hari plus perjalanan. Rombongan akan toba kembali di Malang pada Kamis pagi. Semoga selamat sampai rumah. Aamiin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bandung

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES