Ekonomi

Besok, Pecinta Kopi Wajib Datang ke Balai Kota Among Tani Batu

Senin, 10 Desember 2018 - 14:48 | 130.69k
Festival International Coffe Festival yang akan diselenggarakan di Balai Kota Among Tani. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Festival International Coffe Festival yang akan diselenggarakan di Balai Kota Among Tani. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Kabar gembira untuk para pecinta kopi Malang Raya, besok Selasa (11/12/2018)  Di Balai Kota Among Tani Kota Batu, akan tersaji banyak kopi kualitas premium. Kopi kelas dunia di Kota Batu ini hadir dalam First International Coffe Festival (FICF) yang dilaksanakan 11-13 Desember 2018.

Festival kopi yang dilaksanakan oleh Batu Coffe Community (BBC), Batu Wisata Resources (BWR) dan didukung oleh TIMES Indonesia ini diikuti beberapa peserta dari luar negeri, seperti Ukraina, Libya dan Korea Selatan.

“Festival akan kita buka besok, para pecinta kopi bisa mengikuti beberapa event yang sudah kita laksanakan,” ujar Suporting event conseptor FICF, Anggana Raras Paramita.

Salah satu yang dilaksanakan besok adalah manual brewing yang akan diikuti oleh 72 barista. Panitia sengaja membatasi  peserta karena dikhawatirkan waktunya tidak mencukupi.

Tenda-Festifal.jpg

Raras menegaskan para barista ini nanti tidak hanya menyeduhkan bubuk kopi, kemudian menyajikan, namun lebih dari itu mereka harus memilih biji kopi lokal terbaik yang disiapkan panitia kemudian mengolahnya.

Menggunakan teknik manual brewing ini, para barista akan mengolah secara manual menggunakan tangan. Di kalangan penikmat kopi, cara mengolah kopi menggunakan kertas penyaring khusus ini bisa memunculkan rasa dengan karakteristik ketajaman rasa kopi yang unik.

“Kita berikan kopi, semalaman peserta bisa mengolahnya untuk menghasilkan kopi yang enak,” ujar Raras. Dari 72 barista, akan dipilih 24 barista terbaik, kemudian nanti dipilih 8 besar dan terakhir dipilih para finalis.

Ada 4 juri yang akan melakukan penilaian yakni Rifa Raja, Erlangga Bayu, Cak Momon dan juga akan dihadiri oleh Mr Park yang dikalangan penggemar kopi sering disapa profesor kopi.

Festival-International-Coff.jpg

Raras menegaskan bahwa even ini akan menjadi pertemuan pecinta kopi, petani, pedagang, hingga para barista profesional dari seluruh nusantara hingga dunia.

Dalam Festival ini para pecinta kopi bisa menikmati kopi yang dihasilkan di bumi Kota Batu seperti kopi Arabica Arjuno, Songgoriti, Panderman dan Bumiaji. Sedangkan kopi Robusta bisa dirasakan kopi Jember dan kopi Dampit.

Festival Kopi Internasional yang digelarnya ini merupakan festival pertama yang digelar karena memadukan langsung lima kategori lomba yang dijadikan satu. Yakni latte art, brewing, espresso & milk calibration, cupping dan the order.

Beberapa kegiatan lain juga akan digelar di First International Coffe Festival di Balai Kota Among Tani Kota Batu meliputi coffe talkshow, workshop, hiburan musik, stand up comedy, fashion show bertema kopi hingga pameran produk UMKM hingga pro master barista competition. Di mana para peserta yang ikut adalah barista terbaik dari seluruh Indonesia dan beberapa negara di luar negeri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES