Pendidikan

Unisla, Dorong Pelajar Kreatif dan Berprestasi dengan Gelar USMEC

Senin, 10 Desember 2018 - 05:30 | 87.34k
Para peserta memamerkan piagam usai sukses menjadi juara di ajang USMEC (Unisla Science Mathematics and English Competition) 2018, Minggu, (9/12/2018). (FOTO: Siti Nura/TIMES Indonesia)
Para peserta memamerkan piagam usai sukses menjadi juara di ajang USMEC (Unisla Science Mathematics and English Competition) 2018, Minggu, (9/12/2018). (FOTO: Siti Nura/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Dorongan bagi para pelajar agar semangat untuk mengasah kreatifitas dan berprestasi terus dilakukan oleh Universitas Islam Lamongan (Unisla). Satu di antaranya yakni dengan menggelar Unisla Science Mathematics and English Competition (USMEC) 2018.

Olimpiade IPA, Matematika dan Bahasa Inggris tersebut digelar oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unisla dengan melibatkan para pelajar dari berbagai sekolah tingkat SMA sederajat.

"Olimpiade ini untuk mengasah kreatifitas di Lamongan pada khususnya dan umumnya di Jawa Timur," kata Ketua Panitia USMEC 2018, Muhammad Habibbulloh, Minggu (9/12/2018).

Habib mengatakan Olimpiade ini juga untuk meningkatkan minat dari siswa untuk semakin belajar tentang tiga mata pelajaran Bahasa Inggris, IPA dan Matematika.

"Kami juga memperkenalkan kampus kami, untuk prodi kami khususnya masih baru,  jadi di FKIP Unisla ada tiga Prodi sekarang yakni Bahasa Inggris, IPA dan Matematika," ucapnya.

Antusiasme pelajar di Jatim pun sangat terlihat dalam olimpiade ini. Habib menyebut setidaknya ada 300 peserta dari berbagai sekolah di Jatim yang mengikuti olimpiade ini.

"Ada yang dari Surabaya, diantaranya SMA 5 Surabaya, Jombang,  Mojokerto,  Kediri,  Gresik, Tuban,  Bojonegoro tentunya masih banyak sekali," ujarnya.

Dengan banyaknya peserta ini, maka untuk memperoleh sang juara para peserta dilakukan penyisihan yang kemudian menyisahkan 5 besar dari masing-masing bidang.

"Penyisihan ini unik, ada 3 macam soal, sulit, sedang dan ringan. Ketiganya kita input, sehingga nilainya bisa berbeda-beda," tutur Habib.

Setelah masuk dalam 5 besar ini, dikatakan Habib para peserta selanjutnya akan memperebutkan posisi 3 besar melalui dua sesi. Yakni untuk IPA dan Matematika sesi yang pertama take or gift dan kedua fast and right (cepat tepat). Untuk bahasa inggris ada sesi writings test.

Dari berbagai sesi tersebut akhirnya diperoleh juara 3 besar, yakni untuk bidang Matematika juara pertama diraih oleh Khusnul Qulub dari MA Paciran, juara 2 Naufal Safukri dari SMAN 1 Sooko Mojokerto dan juara 3 Deny Ardiansyah dari SMA 2 Lamongan.

Sementara dalam bidang IPA juara pertama diraih Garuda Nusantara dari SMAN 1 Lamongan, juara 2 diraih Ajis Pramono SMAN 1 Sooko, Mojokerto dan juara 3 diraih Frans Wijaya dari SMA Albertus, Malang.

Kemudian untuk bidang Bahasa Inggris juara pertama Nabila Putri Valentina dari SMAN 2 Kediri, juara 2 diraih  Mirza Albab dari MAN 1 Jombang dan juara 3 diraih Rona Bunga Mawar dari SMAN 1 Sooko Mojokerto.

"Setiap kategori diambil juara 1, 2 dan 3, untuk juara satu Rp 1,5 juta, juara 2 Rp 1 juta, dan juara 3 Rp 500 ribu," ujarnya.

Lebih lanjut, Habib berharap dengan adanya olimpiade USMEC yang digelar Unisla ini dapat memacu kreatifitas dan juga intelegensia dari pelajar SMA/MA dan SMK di Jawa Timur. "Ke depan kita akan adakan rutin kegiatan ini," tuturnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES