Kesehatan

Catat! Ini Dampak Buruk Media Sosial untuk Kesehatan Tubuh

Senin, 10 Desember 2018 - 05:07 | 143.06k
Media Sosial (FOTO: Istimewa)
Media Sosial (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Segala kemudahan yang ditawarkan media sosial membuatnya makin tak terpisahkan dari kehidupan banyak orang. Bahkan, mereka rela menghabiskan waktu berjam-jam berselancar di media sosial hingga larut malam. Padahal, menggunakan media sosial dalam jangka waktu yang panjang bisa berdampak buruk untuk kesehatan tubuh Anda.

Dilansir dari Klik Dokter, berikut berbagai hal yang dapat merugikan tubuh karena kecanduan media sosial.

1. Masalah Penglihatan

Terlalu lama memandang layar gawai akan membuat mata menjadi kering. Selain itu, sinar biru yang dipancarkan oleh layar gawai dapat menyebabkan sejumlah masalah pada retina. Akibatnya, gangguan penglihatan seperti kerusakan saraf mata (age-related macular degeneration) dan lensa keruh (katarak) dapat terjadi lebih cepat.

2. Social Jet Lag

Social jet lag merupakan kondisi saat seseorang memiliki pola tidur yang berbeda di akhir minggu dibandingkan hari biasa. Saat akhir pekan dan hari libur, seseorang yang social jet lag akan tidur dan bangun lebih lama dibanding hari biasa. Bahkan bisa menimbulkan perbedaan jumlah waktu tidur yang cukup jauh.

3. Penuaan Dini

Sinar biru yang Anda dapatkan dari layar gawai saat menggunakan media sosial dalam waktu lama akan menekan produksi melatonin, yaitu hormon yang membuat tubuh rileks dan beregenerasi. Akibatnya, regenerasi sel-sel tubuh pun terganggu, termasuk sel kulit. Hal ini dapat memunculkan tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti kerutan, kulit kendur, dan bercak kehitaman.

4. Kanker

Sinar biru dari layar gawai ternyata dapat menyebabkan penyakit berbahaya lainnya, seperti kanker payudara dan kanker prostat. Sebuah penelitian di Spanyol menunjukkan bahwa mereka yang terpapar sinar biru artifisial di malam hari, baik dari lampu maupun layar gawai, 1,5 hingga 2 kali lipat lebih berisiko mengalami jenis kanker tersebut.

5. Gangguan Mental

Selain masalah fisik, media sosial juga berdampak pada kesehatan mental. Berbagai studi di dunia menunjukkan bahwa pengguna aktif media sosial berpotensi mengalami gangguan kesehatan jiwa seperti kecemasan, depresi, kecanduan alkohol atau obat-obat terlarang, bulimia atau anoreksia, serta gangguan konsentrasi (attention deficit and hyperactivity disorder/ADHD).

Meski demikian, berbagai dampak negatif di atas belum tentu terjadi pada semua pengguna media sosial. Namun, semakin lama waktu yang dihabiskan untuk bermain media sosial, semakin tinggi pula risiko mengalami kondisi kesehatan tubuh tersebut. Karena itu, jadilah pengguna yang bijak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES