Peristiwa Daerah

Momen Hari Natal,  Lapas Lamongan Ajukan Remisi 14 Warga Binaan

Minggu, 09 Desember 2018 - 20:02 | 118.62k
Suasana di halaman Lapas Klas IIB Lamongan, Minggu, (9/12/2018). (FOTO: Siti Nura/TIMES Indonesia)
Suasana di halaman Lapas Klas IIB Lamongan, Minggu, (9/12/2018). (FOTO: Siti Nura/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Di momen Hari Natal, 25 Desember tahun 2018 ini, Lapas Kelas llB Lamongan, Jawa Timur, mengajukan sebanyak 14 orang warga binaan Lapas untuk memperoleh remisi.

Kasub Registrasi dan Tim Kemasyarakatan Lapas Kelas llB Lamongan, Idris Pauzi mengatakan 14 napi tersebut sudah memenuhi syarat sehingga wajib diajukan remisi.

"Remisi sudah diajukan Kementerian Hukum dan Lapas tinggal menunggu surat keputusaannya saja," kata Idris, Minggu, (9/12/2018).

Menurutnya, pengajuan remisi itu sudah menjadi hak ke 14 warga binaan yang sudah menjalani proses hukuman di Lapas sampai sebelum waktu benar sesuai putusan pengadilan negeri.

"Sebenarnya ada 15 orang, namun ada satu orang yang belum memenuhi satu diantara sekian syarat sebagai persyaratan untuk diajukan memperoleh remisi," ujarnya.

Idris mengungkapkan seorang warga binaan yang belum memenuhi syarat tersebut yakni napi dari kasus narkotika, karena hukuman lebih dari 5 tahun, Ia harus mendapatkan surat justice collaboration dari penyidik kejaksaan.

"Namun sampai saat ini syarat itu tidak didapatkan karena ada pertimbangan tertentu, hingga tak bisa mengajukan remisi," tutur Idris.

Selain napi narkoba, sambung Idrus nasib serupa juga dialami napi tipikor yang juga belum mendapat administrasi syarat yang sama dari penyidik kejaksaan.

"Syaratnya, agar mendapatkan remisi harus membayar denda atau uang pengganti saat putusan," ucapnya.

Lebih lanjut, Idrus menuturkan kalau pengajuan remisi tersebut dikabulkan, maka 14 warga binaan Lapas Lamongan itu akan bisa menghirup udara segar pada momen Hari Natal 25 Desember mendatang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES