Kesehatan

Yuk, Jaga Kesehatan Tubuh di Musim Hujan dengan Bumbu Dapur Ini

Minggu, 09 Desember 2018 - 05:35 | 35.41k
Ilustrasi - Menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan (Foto: laperma)
Ilustrasi - Menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan (Foto: laperma)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat musim hujan tiba, banyak orang yang jatuh sakit. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera diatasi. Selain menggunakan obat yang bisa dibeli di apotek, Anda bisa memanfaatkan bumbu dapur. Apa saja bumbu dapur yang bisa menjaga kesehatan tubuh Anda?

Dilansir dari Boldsky.com, berikut adalah beberapa bumbu dapur yang terbukti membawa beragam manfaat sehat, khususnya saat musim hujan tiba.

1. Bawang Putih

Kepopuleran bawang putih dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi peradangan yang disebabkan oleh bakteri sudah diketahui sejak dahulu. Bahkan, berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh American Family Physician, bawang putih juga dapat mencegah penyakit akibat virus influenza, seperti batuk, pilek, dan demam.

Namun perlu diingat, bagi Anda yang punya permasalahan pada lambung, hindari terlalu banyak mengonsumsi bawang putih, apalagi yang belum diolah sempurna. Sebab, bawang putih bisa bikin asam lambung Anda bergejolak dan menyebabkan sensasi terbakar pada ulu hati sekaligus nyeri.

2. Kayu Manis (cinnamon)

Anda dapat mencampur bubuk kayu manis pada teh hangat yang hendak dikonsumsi. Anda pun bisa mencampurkan bubuk ajaib tersebut ke dalam adonan kue yang sedang Anda olah.

Faktanya, mengonsumsi makanan atau minuman yang dicambur dengan bubuk kayu manis terbukti dapat melegakan tenggorokan, mengencerkan dahak di paru, serta meringankan sakit kepala. Manfaat tersebut bahkan bisa membuat gejala flu yang sebelumnya sudah terjadi terasa lebih ringan dan sembuh lebih cepat.

3. Kunyit

Sama seperti bawang putih, khasiat kunyit sebagai antibiotik dan antiseptik alami sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, selain bisa mengatasi infeksi bakteri karena ada kandungan kurkumin di dalamnya, kunyit juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Tak Cuma itu, bumbu dapur berwarna kuning ini juga bisa meredakan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan jaringan kulit yang rusak. Jadi, ketika kulit Anda iritasi karena sering terkena genangan air kotor akibat banjir di musim hujan, kunyit bisa mengobati gangguan pada kulit Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES