Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

PDGI Ajari Pelajar Bondowoso Sikat Gigi Dengan Benar

Sabtu, 08 Desember 2018 - 19:41 | 58.28k
Puluhan siswa SDN Mengen 1, Desa Mengen Kecamatan Tamanan, Kabupaten Bondowoso saat mengikuti praktik sikat gigi dengan benar. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Puluhan siswa SDN Mengen 1, Desa Mengen Kecamatan Tamanan, Kabupaten Bondowoso saat mengikuti praktik sikat gigi dengan benar. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Bertepatan dengan kegitan baktis sosial, dalam rangka HKN (Hari Kesehatan Nasional) ke 54, di Desa Mengen. PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) Kabupaten Bondowoso, ajari anak-anak cara menyikat gigi dengan benar.

Kegiatan tersebut, diajarkan kepada puluhan siswa SDN Mengen 1, Desa Mengen Kecamatan Tamanan, Sabtu (8/12/2018). Siswa tersebut mendapatkan pemebelajaran di kelas, tentang kesehatan gigi.

Selain itu, mereka juga diajak berbaris di lapangan dan diajak mempraktikkan pelajaran yang didapatkan di kelas, yakni cara menyikat gigi yang baik dan benar.

praktik-sikat-gigi-2.jpg

Masing-masing anak diberi satu pasta gigi dan sikat gigi, lalu menyikat gigi bersama-sama. Dalam kesempatan itu, hadir Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin.

Drg. Sri Hernawati, Anggota PDGI Bondowoso, yang turut andil dalam kesempatan itu, menyampaikan bahwa menyikat gigi itu penting, apalagi setiap usai makan.

“Mengajak masyarakat menyikat gigi ini, sebagai upaya pencegahan untuk terjadinya gigi berlubang. Karena, semuanya berawal dari kebersihan gigi, yang salah satu caranya yakni sikat gigi yang betul,” katanya.

Menurutnya, menyikat gigi itu tdiak boleh sembarangan. Menyikat gigi yang benar, juga menjadi hal yang penting, karena kalau salah justru akan menimbulkan plak di dalam gigi, yang jika dibiarkan bisa menyebabkan pembentukan  karang gigi.

Hal yang demikian, bisa menjadi tempat menempelnya kuman-kuman. Di samping itu, sisa makanan itu bisa menempel di sana.

"Sehingga dengan adanya kuman-kuman yang menempel di sana,  itu akan menyebabkan fermentasi pada sisa makanan. Itu yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada gigi,” ucapnya.

Pantauan TIMES Indonesia, tampak para siswa tersebut, bersemangat mengikuti gerakan PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) kabupaten Bondowoso, yakni mengajrkan kepada anak-anak, cara menyikat gigi dengan benar(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES