Wisata

Tak Hanya Indah, Air Terjun Kalipedati Tawarkan Keanekaragaman Hayati Hutan Tropis

Sabtu, 08 Desember 2018 - 13:18 | 126.93k
Wisata baru Air Terjun Kalipedati di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. (FOTO: Hendra for TIMES Indonesia)
Wisata baru Air Terjun Kalipedati di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. (FOTO: Hendra for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOAir Terjun Kalipedati yang terletak di utara lereng Gunung Argopuro, tepatnya di Desa Kalianan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menjadi primadona wisata baru.

Obyek wisata air terjun Kalipedati ini, memiliki panorama alam yang begitu asri dan lestari. Masuk dalam kawasan hutan lindung Petak 1a KRPH Bermi Kabupaten Probolinggo, air terjun ini menawarkan kekayaan keanekaragaman hayati langka nan eksotis khas hutan tropis.

Air-Terjun..jpg

Pada akhir pekan ini, Sabtu (8/12/2018), komunitas fotografi satwa liar Probolinggo (5:am _wildlifephotography) bersama suporter ProFauna Probolinggo, berkunjung ke lokasi wisata ini. Mereka begitu kerasan mengabadikan gambar di sekitar air terjun tersebut. Di sekitar wisata ini juga banyak dihuni satwa liar endemik Jawa yang dilindungi.

Djoko Prasetio, founder 5:am_wildlifephotography sekaligus Suporter ProFauna mengatakan, lokasi sekitar air terjun memiliki keragaman jenis satwa langka dan endemik Jawa.

"Itu menambah eksotika air terjun Kalipedati. Keanekaragaman hayati, yang muncul dan tumbuh di sebuah obyek wisata sangat luar biasa,” katanya.

Air-Terjun...jpg

Kukuh Wibowo, Bird Guide Profesional di salah satu Agen Tour Birding kota Malang juga berpendapat, keberadaan satwa liar yang masih terjaga dan adanya beberapa satwa yang memang sudah langka dan memiliki sebaran terbatas merupakan potensi besar yang menjadi aset utama dalam pengembangan wisata air terjun Kalipedati.

"Beberapa waktu kedepan kami ada agenda untuk mengantar dua tamu asing dari Amerika, dan mereka tertarik untuk pengamatan satwa liar. Dan air terjun Kalipedati ini juga masuk salah satu rekomendasi kami kedepannya," ungkap Kukuh.

Sementara itu, Kepala Administrasi KPH Probolinggo, Haris Suseno, sangat mengapresiasi apa yang dilakukan komunitas yang terbilang cukup langka ini. Hal ini selaras dengan misi Perum Perhutani yaitu pengelolaan Sumber Daya Hutan secara seimbang dan Lestari sehingga bermanfaat sosial ekonomi masyarakat.

“Seiring dengan majunya pengembangan destinasi wisata alam Endless di Kabupaten Probolinggo, kami selalu mensuport semaksimal mungkin. Khususnya pada ecotourism yang juga banyak memanfaatkan kawasan hutan dengan segala keanekaragaman hayati di dalamnya, salah satunya wisata Air Terjun Kalipedati  ini,” terang Haris Suseno. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES