Gaya Hidup

Empat Bahan Makanan Ini Bisa Menjadi Obat Pilek Alami, Apa Saja?

Sabtu, 08 Desember 2018 - 02:19 | 58.55k
ILUSTRASI - Pilek (FOTO: Dokter Sehat)
ILUSTRASI - Pilek (FOTO: Dokter Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setiap orang bisa terkena pilek, apalagi di musim dingin dan hujan. Namun Anda jangan khawatir, ada berbagai obat pilek alami yang bisa membantu Anda sembuh lebih cepat. Seperti dilansir dari Hello Sehat, berikut obat pilek dari bahan alami yang bisa Anda pilih untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

1. Jahe

Jahe membuat otot saluran pernapasan agar lebih rileks dan merangsang sistem kekebalan tubuh lebih aktif. Maka itu, tidak heran kalau jahe sering dijadikan obat pilek alami. Selain itu, jahe juga menangkal rasa mual dan menghangatkan tubuh yang sedang tidak enak badan.

2. Madu

Madu memiliki berbagai sifat antimikroba (bakteri ataupun virus). Dengan sifatnya ini, madu secara alamiah dapat membantu tubuh melawan kuman penyakit yang membuat Anda pilek. Bukan hanya membantu mengatasi pilek, madu ternyata juga bisa meredakan gejala batuk yang sering dialami ketika terserang pilek.

3. Sup Ayam dengan Bawang Putih

Ayam dan bawang putih bisa jadi paduan yang sangat tepat untuk menyembuhkan pilek. Sebab, terdapat juga zat yang disebut carnosine yang ditemukan dalam sup ayam dan dada ayam. Zat ini yang diduga membantu mengurangi gejala-gejala yang muncul saat pilek. Selain itu, kehangatan sup ayam juga membantu melegakan hidung yang sedang tersumbat.

4. Vitamin C

Vitamin C memiliki banyak manfaat dalam tubuh, termasuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Maka itu, asupan vitamin C yang cukup di dalam tubuh dapat membantu mengurangi infeksi saluran pernapasan yang terjadi ketika Anda pilek. Obat pilek alami yang mengandung vitamin C ini bisa didapat dari berbagai buah dan sayur seperti jeruk, lemon, tomat, brokoli, pepaya, dan stroberi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Hello Sehat

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES