Jum'at, 14 Desember 2018
Politik

Joko Widodo di Mata Pengamat Politik

Joko Widodo di Mata Pengamat Politik Presiden Joko Widodo (Jokowi) (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Jum'at, 07 Desember 2018 - 21:28

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) terkenal tenang dan santun di mata sebagian besar masyarakat Indonesia. Beberapa hasil survei juga menunjukkan hal yang sama, di mana Jokowi disukai karena gaya komunikasinya yang ramah terhadap masyarakat.

Jokowi yang juga salah satu kandidat calon presiden di Pilpres 2019 ini tak ayal diuntungkan dengan kepribadiannya itu. Hal itu disampaikan oleh Pengamat Politik Wempy Hadir yang menyebut Jokowi banyak mendapatkan dukungan yang baik dari rakyat Indonesia.

"Hal ini tidak terlepas dari gaya komunikasi Jokowi yang tenang dan santun," kata Wempy saat dihubungi TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Jumat (7/12/2018).

Menurut Wempy, Jokowi harus mempertahankan gaya komunikasi yang santun dan tenang jika ingin tetap menjadi primadona rakyat.

Tak hanya gaya berkomunikasi, ternyata gaya kepemimpinan Jokowi yang tidak elitis juga menjadi daya tarik tersendiri. Wempy menilai, dengan seperti itu rakyat tidak merasa ada jarak dengan orang nomor satu di Indonesia itu.

BACA JUGA: Prabowo Subianto di Mata Pengamat Politik

"Hal ini bisa dilihat dari setiap kali kunjungan Jokowi ke berbagai tempat, dengan mudahnya rakyat biasa bisa memeluk seorang presiden," ucap Wempy.

Selain itu, kesederhaan yang ditunjukkan juga simbol bahwa Jokowi berasal dari rakyat biasa seperti kebanyakan rakyat Indonesia.

"Dengan demikian dia dekat dengan rakyat bukan karena pencitraan tapi dia melakukan itu sebagai sebagai sebuah nilai yang sudah tertanam lama dalam diri Joko Widodo sejak di Solo hingga menjadi orang nomor satu di Indonesia," pungkas Wempy. (*)

Jurnalis : Rahmi Yati Abrar
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Registration