Jum'at, 14 Desember 2018
Peristiwa - Daerah

Shalawat Keliling Kampung, Cara Pemuda Banyuwangi Peringati Maulid Nabi

Shalawat Keliling Kampung, Cara Pemuda Banyuwangi Peringati Maulid Nabi Ratusan masyarakat Dusun Treblasala, Glenmore sholawatan keliling kampung (FOTO: Rizki Alfian/TIMESIndonesia)
Jum'at, 07 Desember 2018 - 12:15

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Komunitas Pemuda Kebun (KPK) Kampung Sidorejo, Dusun Treblasala, Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, Jawa Timur menggelar shalawat keliling, Kamis (6/12/2018) malam.

Acara dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW ini, dilakukan dengan cara berjalan kaki keliling kampung sembari mengumandangkan gema shalawat.

"Shalawatan ini juga diiringi oleh grup hadrah nomer satu di Kecamatan Glenmore, yaitu Nurul Hidayah. Jadi saat keliling kampung, hadrah dengan suara rancak ini mengiringi langkah kami," kata Ahmad Suci Rotama, pelopor organisasi KPK kepada TIMESIndonesia, Jumat (7/12/2018).

‌Menurut aktivis muda yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Banyuwangi ini, kegiatan tersebut sengaja digelar dengan tujuan menjadikan kampung Sidorejo menjadi kampung shalawat.

"Oleh sebab itu shalawatan ini merupakan kegiatan rutin organisasi yang kami gelar dua kali dalam satu bulan. Yakni pada malam Jum'at manis dan malam Jum'at Kliwon. Ini cara kami menunjukkan rasa cinta kepada nabi," timpal Ahmad Zulkifli, koordinator kegiatan.

‌Ahmad menambahkan, adanya kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat. Mulai dari anak-anak, kaula muda hingga orangtua nampak gayeng mengikuti setiap prosesi kegiatan. Bahkan Kepala Dusun Treblasala Samsiri, juga turut mengapresiasi.

"Kami bangga dengan adanya kegiatan shalawat keliling ini. Semoga tetap solid dan bisa menciptakan kreasi-kreasi baru. Karena pemuda adalah ujung tombak perubahan," pungkas Samsiri. (*)

Jurnalis : Rizki Alfian
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Banyuwangi

Komentar

Registration