Peristiwa Nasional

Ini Pemenang Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa Kemenag RI

Jumat, 07 Desember 2018 - 11:12 | 157.75k
Para pemenang lomba karya tulis Kemenag RI. (FOTO: Istimewa)
Para pemenang lomba karya tulis Kemenag RI. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, SERPONG – Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI mengumumkan para juara  Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa (KKTM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Tingkat Nasional Tahun 2018, Kamis (6/12) tadi malam di Serpong.

KKTM PTKI yang diberi tajuk Moderasi Agama untuk Peradaban dan Kemanusiaan ini menyedot pendaftar di kalangan mahasiswa mencapai 1.000 artikel dan essay. Dari total pendaftar dinominasikan 23 peserta dan selanjutkan ditetapkan kejuaraanya.

lomba-karya-tulis-Kemenag-RI-2.jpg

Imam Safe’i, sekretaris Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI membuka kegiatan Presentasi Nominator KKTM PTKI. Imam memberikan apresiasi positif kepada para peserta yang dianggapnya telah memiliki kemauan dan potensi yang hebat dalam menulis. “Walau baru duduk di semester muda, kalian telah menguasai tema-tema moderasi beragama dengan baik,” kata Imam.

Imam berharap semoga karya tulis terkait moderasi beragama ini dapat dijadikan masukan kebijakan dan program bagi Ditjen Pendidikan Islam dalam melakukan kerja-kerja mengedepankan beragama yang moderat untuk mengembangkan pendidikan Islam.

Sementara, Syafriansyah, Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan berharap kepada mahasiswa untuk menjadikan kompetsisi ini sebagai titik awal menggeluti dunia kepenulisan. “Kalian harus bangga karena kalian telah mempuyai karya yang dilombakan dalam even nasional,” tuturnya.

lomba-karya-tulis-Kemenag-RI-3.jpg

“Karya-karya berkualitas dari kalian insya Alloh akan kami terbitkan agar publik tahu gagasan dan pemikiran mahasiswa PTKI dalam kajian-kajian moderasi beragama,” sambung Syafri.

Ruchman Basori, Kasi Kemahasiswaan selaku panitia penyelenggara mengatakan, para nominator bersaing ketat dalam sessi presentasi di hadapan dewan juri untuk mengukur penguasaan materi, konfirmasi karya dan menjadi wahana diskusi menarik tentang pengarusutamaan moderasi beragama.

Bertindak sebagai dewan juri Asrori S. Karni (Redaktur Majalah Gatra dan Dosen UNUSIA Jakarta), Hamami Zada (kolumnis dan Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), dan Abdulloh Ibnu Tholhah (kartunis dan Dosen UIN Walisongo Semarang).

lomba-karya-tulis-Kemenag-RI-4.jpg

Ketua Dewan Juri Asrori S. Karni mengumumunkan nama-nama juara Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa PTKI Tahun 2018 adalah sebagai berikut:

Kategori Essay Kelompok: 

Juara I: UIN Sunan Ampel Surabaya atas nama Muhyiddin, Siti Khoirotil Ummah, dan Siti Maryam. 

Juara II: IAIN Kediri atas nama Iktafi Muzayana Mahiroh, Maretha, dan Septa. Juara III: IAIN Kediri atas nama M. Taufik, Galuh Meida Yustria, Emei Nilam dan Karina S. 

Juara Harapan I : IAIN Kudus atas nama Novita Nur Aini, Anifatur Rosyidah, dan Erna Safitri Yana. 

Harapan II: UIN Yogyakarta atas nama Dicky Candra Firmansyah, Hadriana Sulni, dan Muhammad Rizal.

Katagori Essay Individu: 

Juara I: Zulfa Ulyah Kartika dari UIN Gunungjati Bandung. 

Juara II: M. Rifqi Ibnu dari UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta. 

Juara III: Saiful Bahri dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sedangkan juara 

Harapan I: Badru Soleh dari Univ Nurul Jadid Probolinggo. Dan, Juara Harapan II: Nailatur Rohmah dari IAIN Kediri dan Harapan III: Muhammad Afif dari IAIN Tulungagung

Katagori Artikel Kelompok:

Juara I: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta atas nama Shalsabila Ananda, Muhammad Abdul Qoni’. 

Juara II: IAIN Manado atas nama Annisa Ismail, Jenita Silinaung, dan Lisa Abdullah. 

Juara III: STIT Alquran Ogan Ilir atas nama Mudrik & Budi Hartono. 

Juara Harapan I: IAIN Metro Lampung atas nama Alvin Ma’viyah, Atin Risnawati, dan Diaz Maulidya. Harapan II: IAIN Surakarta atas nama Lina Lutfiana dan Anis Monika dan Harapan III: UIN Sunan Ampel Surabaya atas nama Lailatul Maghfiroh, Muchammad Chaqiqi dan Siti Khoirunnisa.

Katagori Artikel Individu:

Juara I: Ahmad Husen Al Absi dari Universitas Ibrahimy Situbondo. 

Juara II: Muhammad Radya Yudantiasa dari UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta. 

Juara III: Nur Fitriyani dari IAIN Tulungagung. Sedangkan 

Harapan I: Sa'adatul Kholili dari Universitas Nahdlatul Ulama Jepara. 

Harapan II : Nirwana dari UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Dan, juara Harapan III: Emily Faridatul Faiqoh dari IAIN Salatiga. 

Kemenag RI menyampaikan selamat kepada sang juara, sampai ketemu pada even kompetisi tahun depan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES