Jum'at, 14 Desember 2018
Peristiwa - Daerah

Dua Puluh Perupa Jatim Unjuk Karya di Galeri Prabangkara

Dua Puluh Perupa Jatim Unjuk Karya di Galeri Prabangkara Pengunjung menikmati karya lukis perupa Jatim di Galeri Prabangkara, Taman Budaya Jatim, Surabaya, Selasa (4/12/2018).(Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Jum'at, 07 Desember 2018 - 11:02

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Dua puluh perupa Jatim pamer karya di Galeri Prabangkara mulai tanggal 4-8 Desember 2018 esok. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, melalui UPT Taman Budaya Jatim.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim Sinarto S.Kar MM mengatakan, pameran seni rupa kali ini merupakan yang ke tiga di tahun ini, yang dilaksanakan UPT Taman Budaya Jatim. Dan tahun ke empat yang digelar di Galeri Prabangkara sejak selesainya pembangunan dan peresmian Galeri Prabangkara  di tahun 2015.

Galeri-Prabangkara..jpg

“Peserta pameran kali ini sebanyak 20 orang perupa Jawa Timur, yang masing-masing menampilkan dua karya dengan media Acrylic,” ujar Kadisbudpar Jatim kepada wartawan usai membuka pameran yang bertemakan “Pesona Indonesia”,” Selasa (4/12/2018) kemarin.

Kadisbudpar juga menyampaikan, pameran seni rupa ini untuk memberikan spirit para seniman di Jawa Timur. Pameran yang dipusatkan di Galeri Prabangkara ini diharapkan supaya  para seniman dan para pemburu seni bisa dengan mudah mendapatkan dan membeli hasil karya para seniman.

Galeri-Prabangkara...jpg

Pelukis senior asal Surabaya, M Anis mengatakan, pameran ini sengaja mengangkat tema-tema kedaerahan. Penilaian karya juga sangat longgar, karena sengaja ingin menampilkan kebanggaan daerah masing-masing.

"Para perupa itu kita undang, bukan cuma persoalan substansi tapi pengembangan daerah itu yang lebih perlu", katanya.

Sedangkan untuk pesona Indonesia sendiri, Anis menjelaskan, para pelukis mengeksplore keistimewaan kekayaan daerah masing-masing. 

"Yang dari Banyuwangi melukis Tari Gandrung, ada yang Bromo, pohon kelapa, ada pedagang nasi pecel dan lainnya," ujarnya. (*)

Jurnalis : Lely Yuana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Surabaya

Komentar

Registration