Jum'at, 14 Desember 2018
Kesehatan

Lima Kebiasaan Hidup Sehat untuk Mencegah Kanker Prostat

Lima Kebiasaan Hidup Sehat untuk Mencegah Kanker Prostat Ilustrasi - Olahraga secara teratur bisa mencegah kanker prostat (Foto: iStock)
Jum'at, 07 Desember 2018 - 02:15

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kanker prostat menjadi salah satu masalah kesehatan tubuh yang mengancam pria. Berdasarkan World Cancer Research Journal, penyakit ini menempati urutan ke-6 sebagai penyebab kematian pria terbanyak. Untuk mencegah kanker prostat, Anda bisa menerapkan beberapa kebiasaan hidup sehat berikut, seperti dilansir dari Hello Sehat

1. Kurangi konsumsi lemak hewani dan produk susu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi makanan tinggi lemak hewani seperti susu, keju, dan daging merah ternyata memiliki risiko kanker prostat yang lebih tinggi. Pasalnya, ditemukan berbagai hubungan antara kanker prostat dengan berbagai lemak hewani.

Dr. David Wise dari Perlmutter Cancer Centre di NYU Langone, Amerika Serikat menyarankan lemak sehat yaitu yang berasal dari alpukat dan kacang-kacangan jauh lebih sehat untuk dikonsumsi.

2. Tidak merokok

Selain bisa menyebabkan kanker paru-paru, merokok juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker prostat. Penelitian sebelumnya menyebutkan sekitar 24-30 persen risiko kanker prostat lebih besar pada perokok dibanding yang bukan.

3. Banyak makan sayuran dari keluarga cruciferous

Nama sayuran cruciferous mungkin masih terdengar asing di telinga. Namun, sayuran yang berasal dari keluarga cruciferous ini memiliki manfaat yang telah teruji untuk membantu mencegah kanker. Sayuran ini kaya akan nutrisi seperti karotenoid, vitamin C, E, dan K, folat, serta mineral.

4. Berolahraga secara teratur

Menjaga tubuh tetap aktif dengan berolahraga secara teratur membantu Anda untuk tetap sehat dan bugar, termasuk terhindar dari kanker prostat. Olahraga juga membantu Anda untuk mempertahankan berat badan ideal. Tak perlu lama-lama, olahraga 15-30 menit setiap hari atau tiga jam dalam seminggu sudah cukup untuk mendapatkan manfaatnya.

5. Tidak mengonsumsi suplemen vitamin E tambahan

Penelitian tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute menguak bahwa terlalu banyak mengonsumsi vitamin E dapat meningkatkan risiko kanker prostat agresif. Selama asupan Anda telah mengandung 15 mg vitamin E, Anda tidak membutuhkan suplemen vitamin E tambahan.

Itulah lima kebiasaan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kanker prostat. Selalu jalankan hidup sehat untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration