Gaya Hidup

Lima Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Keracunan Makanan

Kamis, 06 Desember 2018 - 06:32 | 39.57k
Menjaga Kebersihan Tangan salah satu Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Keracunan Makanan. (FOTO: dok. iradiofm.com)
Menjaga Kebersihan Tangan salah satu Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Keracunan Makanan. (FOTO: dok. iradiofm.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Keracunan makanan bukanlah hal yang sepele. Keracunan makanan dapat menyebabkan kematian. Karena itu Anda dianjurkan untuk selalu waspada dan berhati-hati terhadap segala makanan atau minuman yang hendak dikonsumsi. Untuk mencegah keracunan makanan Anda bisa mencoba berbagai hal.

Seperti dilansir dari Klik Dokter, berikut beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya keracunan.

1. Jaga Kebersihan Tangan dan Bahan Makanan

Cuci tangan Anda menggunakan sabun dan air mengalir sebelum dan sebelum makan, juga ketika menyiapkan dan menyajikan makanan.

Cuci juga buah atau sayur yang baru Anda beli di pasar hingga bersih sebelum memutuskan untuk memasaknya.

2. Masak Hingga Matang

Masak makanan hingga matang sempurna sebelum Anda mengonsumsinya. Hal ini paling utama dilakukan jika yang hendak Anda konsumsi adalah daging merah, daging unggas, dan telur.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menghindari susu yang tidak dipasteurisasi (susu mentah). Susu semacam ini sangat mungkin menyebabkan keracunan makanan.

3. Jaga Higienitas Makanan dan Peralatan

Pastikan Anda tidak meletakkan peralatan dapur yang digunakan untuk mengolah makanan mentah berdekatan dengan makanan matang yang hendak disimpan. Hal ini dilakukan demi menjaga higienitas makanan sebelum Anda mengonsumsinya.

Di samping itu, cuci hingga bersih dan keringkan dengan sempurna peralatan dapur yang telah selesai digunakan. Tindakan ini sangat penting dilakukan, khususnya pada pisau dan talenan.

4. Simpan dengan Baik

Bila hendak menyimpan bahan makanan setelah dicuci bersih, pastikan Anda meletakannya di lemari pendingin yang dikhususkan untuk bahan makanan terkait. Misalnya, menaruh sayur di rak sayur, daging di rak daging.

5. Buang Makanan Kedaluwarsa

Jika makanan yang Anda beli atau simpan sudah terlihat tidak layak, berubah warna, berbau tak sedap, segera buang ke tempat sampah. Apabila yang Anda beli adalah makanan kalengan, perhatikan tanggal kedaluwarsa pada label kemasan. Jika sudah melewati tanggal yang tertera, segera buang dan jangan pernah berpikir untuk mengonsumsinya.

Selalu waspada dan berhati-hati. Jangan sampai Anda mengalami keracunan makanan. Lakukan hal di atas untuk mencegah keracunan makanan. Akan tetapi, apabila keracunan makanan sudah telanjur terjadi, segera periksakan diri ke dokter. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : klikdokter.com

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES