Peristiwa Nasional

Presiden Jokowi Puji Komitmen FKPPI Perkuat Bela Negara

Rabu, 05 Desember 2018 - 13:23 | 24.98k
Presiden Joko Widodo menemui jajaran pengurus FKPPI (Foto: setkab)
Presiden Joko Widodo menemui jajaran pengurus FKPPI (Foto: setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan penghargaan pada setiap upaya warga untuk meningkatkan sikap bela negara, termasuk rencana anggota Forum Komunitas Putra-putri Purnawirawan TNI-POLRI (FKPPI) menggelar Jambole Bela Negara akhir pekan ini.

"Beliau sangat menghargai upaya ini sebagai bentuk kongkret yang harus dimiliki oleh sikap warga negara," kata Ketua Umum FKPPI, Ponco Sutowo usai bersama jajaran Pengurus Pusat FKPPI diterima presiden di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Menurut Ponco, pihaknya bertemu presiden untuk melaporkan rencana penyelenggaraan jambore di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta, 7-9 Desember mendatang. Ini adalah upaya FKPPI dalam langkah meningkatkan pemahaman bahwa masalah bela negara tak cukup menjadi pengetahuan belaka namun harus menjadi sikap dasar, sikap mental setiap warga negara.

"Bela negara adalah satu sikap yang harus dimiliki oleh setiap warga negara karena kokoh lemahnya suatu bangsa tergantung sikap dari rakyatnya.  Oleh karena itu sikap bela negara menjadi komitmen warga negara harus terbentuk," imbuhnya.

Ponco pun mengutip data beberapa sumber, termasuk Lemhanas, yang mengindikasikan semangat bela negara sudah mulai menurun. FKPPI merasa ini perlu ditingkatkan karena tantangan sekarang tak terbatas dalam bentuk militer, bahkan tantangan non militer justru jauh lebih dahsyat dan jauh lebih mematikan.

"Oleh karena itu, peran serta warga masyarakat dalam bela negara menjadi sangat penting. Karena itu gerakan ini harus muncul di mana-mana," ucap sang Ketua Umum FKPPI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES