Glutera News

Utang Tak Kunjung Lunas? Lakukan Langkah Penting Ini

Rabu, 05 Desember 2018 - 08:15 | 233.26k
Image: Gluteranews
Image: Gluteranews

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mempunyai utang seringkali membuat keadaan keuangan Anda tidak stabil, apalagi jika utang sudah menumpuk. Di satu sisi utang ini memang tampak merugikan, tapi di sisi lain, Anda berutang juga karena adanya suatu kebutuhan yang harus segera dipenuhi. Seseorang yang berutang tidak perlu menunggu hingga utangnya menumpuk. Saat Anda mempunyai utang, sebaiknya segera dilunasi saja.

Lalu, bagaimana agar kita dapat segera membayar utang dan utang segera lunas?

1. Jangan Menambah Utang dan Siapkan Anggaran

Jika ternyata utang Anda melebihi rasio 30 persen dari pendapatan, maka cara selanjutnya yang dilakukan adalah dengan tidak lagi menambah utang, Kemudian siapkan anggaran untuk melunasi utang tersebut. Usahakan Anda membatasi pengeluaran semaksimal mungkin.

Cek kembali rencana liburan Anda, rencana membeli mobil baru dan rencana lainnya yang menyebabkan pengeluaran besar. Pangkas pengeluarannya, dan siapkan anggaran dari penghematan tersebut, untuk mulai membayar utang Anda. Akan lebih baik lagi jika anda mencari pekerjaan sampingan baru yang bisa menghasilkan uang untuk Anda.

2. Membuat Daftar dan Cek Rasio Utang

Buatlah daftar utang seperti utang lalu Anda cek rasio utangnya. Jika melebihi 30 persen dari pendapatan, atau bahkan bisa dikatakan sebagai utang konsumtif (Hutang jahat), sebaiknya rasio kurang dari 30 persen.

Setelah itu, Anda coba bandingkan antara pendapatan dan aset yang dimiliki (tidak termasuk aset yang masih dicicil), kemudian tentukan juga rasionya. Ini akan berguna untuk mengetahui kemampuan membayar utangnya nanti. Utang anda harus kurang dari rasio 50 persen.

3. Mengkaji Aset yang Dimiliki

Jika ternyata utang yang dimiliki sudah melebihi rasio 30 persen, maka Anda bisa mencoba untuk mengkaji aset yang dimiliki. Karena mau tidak mau utang harus tetap dilunasi, Anda bisa mencoba untuk menjual beberapa aset yang mungkin bisa digunakan untuk membantu melunasi utang tersebut.

Pertimbangkan untuk menjual kendaraan yaitu motor atau mobil, yang mungkin jumlah uangnya cukup besar, dan segera lunasi utang Anda.

4. Lunasi Utang Konsumtif

Utang konsumtif atau utang jahat ini adalah utang yang memang harus segera dilunasi. Contohnya seperti utang kartu kredit yang berbunga. Jika semakin lama utangnya lunas, maka nilai cicilan akan terus naik.

Cobalah untuk memperhitungkan melunasi cicilan sebesar 10 persen setiap bulan dari pemakaian awal, dengan asumsi bunga 3 persen per bulan, tanpa pemakaian tambahan, utang mungkin baru akan lunas setelah 24 bulan. Namun, jika pelunasannya bisa lebih dari 10 persen, utang akan lebih cepat lunas, dan Anda akan terhindar dari bunga yang sifatnya terus meningkat.

5. Berutang Lagi atau Menjual Asetmu?

Pola pikir untuk membayar hutang dengan berhutang adalah pola pikir yang salah besar. Gali lubang tutup lubang akan membuat keuanganmu menjadi sangat enggak sehat. Buanglah pola pikir seperti itu dan mulailah melunasi hutang-hutangmu walaupun dengan cara dicicil.

Jika kamu rasa hutangmu akan lama lunasnya, maka satu-satunya cara untuk dapat melunasi hutangmu adalah dengan menjual sebagian asetmu. Buatlah daftar aset yang kiranya dapat dijual dengan mudah dan cepat seperti komputer, TV, radio, lemari es, atau bahkan kendaraan yang kamu miliki.

6. Niat dan Disiplin untuk Segera Melunasi Utang

Pastikan niat dan disiplin Anda dalam rangka melunasi utang, sangat maksimal. Dengan begitu, apa yang dilakukan untuk melunasi utang, akan berjalan dengan lancar karena sudah diniatkan untuk benar-benar terbebas dari utang. Kelola pengeluaran dengan baik, utamakan tabungan dan berhemat serta, jangan melebihi rasio 30 persen jika ingin berutang kembali.

Begitulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat melunasi semua utang Anda. Segera lunasi segala utang yang Anda miliki jangan sampai menjadi sebuah hambatan yang sangat berisiko besar bagi kebahagiaan kehidupan Anda di kemudian hari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES