Peristiwa Daerah

Alfamart Rekrut 206 Penyandang Disabilitas Jadi Karyawan

Senin, 03 Desember 2018 - 19:34 | 132.25k
Deputy Branch Manager Alfamart Sugiharto Suwondo memberikan cendera mata kepada karyawan penyandang disabilitas Alfamart (Foto: Rudy/TIMES Indonesia)
Deputy Branch Manager Alfamart Sugiharto Suwondo memberikan cendera mata kepada karyawan penyandang disabilitas Alfamart (Foto: Rudy/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SIDOARJOAlfamart mempekerjakan sebanyak 206 orang penyandang disabilitas sebagai karyawan yang tersebar di divisi store, warehouse, dan office secara nasional. 

Untuk di wilayah Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya, Alfamart memperkerjakan 10 orang.

Kepada TIMES Indonesia, Deputy Branch Manager Alfamart Sugiharto Suwondo mengatakan, perekrutan penyandang disabilitas ini sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.

“Yakni perusahaan swasta wajib merekrut satu persen tenaga kerja penyandang disabilitas,” katanya disela peringatan Hari Disabilitas Internasional yang diperingati setiap 3 Desember, di Kantor Alfamart, Senin (3/12/2018). 

Selain merekrut, lanjutnya, perusahaan juga memberikan penghargaan kepada karyawan penyandang disabilitas yang berprestasi berupa pengangkatan karyawan tetap. 

Septian Dwi Wijaya atau Wawan, 26 tahun, mengaku bangga bisa bergabung dengan Alfamart. “Kemarin ada beberapa teman yang juga tes di Alfamart dan sama-sama dari UPT Rehabilitasi Sosial Cacat Rungu Wicara Bangil tapi yang lolos hanya saya,” ujarnya.

Sudah sebulan ini Wawan aktif sebagai crew Toko Hayamwuruk Sidoarjo. “Penerimaan teman-teman di toko cukup baik, tapi dengan konsumen saya masih harus adaptasi sebab masih banyak yang suka melihat saya dengan cara aneh ketika melayani di kasir. Ini tantangan agar saya tetap percaya diri,” akunya.

Septian Dwi Putra mengaku, bergabung di Alfamart menambah pengalaman kerja dan memperluas jaringan relasi. “Saya sempat pesimistis mau kerja apa dengan keadaan seperti ini, tapi ternyata Tuhan memberi jalan,” yakinnya.

“Alfamart percaya bahwa penyandang disabilitas memiliki potensi yang bisa digali, untuk itu kami terbuka dan memberi kesempatan kepada penyandang disabilitas untuk bergabung dengan kami. Alfamart adalah industri ritel modern padat karya yang membutuhkan SDM yang cukup banyak dan mumpuni, semua punya hak yang sama dalam membangun karir,” jelas Sugiharto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Sidoarjo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES