Jum'at, 14 Desember 2018
Pendidikan

Mahasiswa IAIN Jember Terbanyak Terima Beasiswa Reguler Pemkab Bondowoso

Mahasiswa IAIN Jember Terbanyak Terima Beasiswa Reguler Pemkab Bondowoso Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin saat memberikan beasiswa kepada perwakilan masing-masing kampus di pendapa bupati (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Sabtu, 01 Desember 2018 - 02:27

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOMahasiswa IAIN Jember menjadi yang terbanyak, sebagai penerima beasiswa reguler, dari pemerintah Kabupaten Bondowoso.

Dari 150 kuota yang disediakan, 110 diperoleh oleh Mahasiswa IAIN Jember. Sementara Polije ada 12, IAIN Pamekasan 1 mahasiswa, UIN Maulana Malik Ibrahim, 6 mahasiswa, Universitas Jember 18 mahasiswa, Universitas Negeri Malang 1 mahasiswa, dari Ganesa 1 mahasiswa, dan dari Universitas Brawijaya 1 Mahasiswa.

Beasiswa reguler, merupakan beasiswa kompetitif. Artinya, pemohon harus memenuhi persyaratan dan harus bersaing dengan ratusan pemohon yanh lain. 

Selain itu, juga terdapat beasiswa  beasiswa afirmasi untuk 162 mahasiswa. Berdasarkan MoU, beasiswa itu diperuntukkan kepada Mahasiswa Unej, dan total alokasi keseluruhan Rp 789 juta.

Bupati Bondowoso Salwa Arifin menjelaskan, dengan semakin banyaknya masyarakat Bondowoso, yang peduli kepada pendidikan, terutama pendidikan tinggi, akan meningkatkan angka partisipasi perguruan tinggi di Kabupaten setempat.

“Oleh karena itu pemerintah daerah, pada tahun ini kembali mengalokasikan sebagian dari dana APBD, untuk memberikan beasiswa kepada para mahasiswa Bondowoso yang telah menempuh perguruan tinggi negeri,” katanya.

Salwa mengatakan, beasiswa sebagai bentuk apresiasi pemerintah walaupun jumlahnya masih terbatas. Ia berharap, ke depan terus bertambah.

Sementara itu, dasar dari pemberian beasiswa tersebut, adalah UUD no 20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan Nasional.

Kemudian yang kedua, rencana strategis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tahun anggaran 2013 sampai 2018, dan dukumen pelaksanaan anggaran Disdikbud, tahun 2018.

Beasiswa tersebut, diberiakan oleh bupati Bondowoso, secara simbolis, kepada Mahasiswa IAIN Jember, dan beberapa mahasiswa kampus lain, di Pendapa Bupati, Jumat (30/11/2018). (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration