Kesehatan

Pentingnya Membersihkan Lidah untuk Menjaga Kesehatan Mulut

Sabtu, 01 Desember 2018 - 03:06 | 121.58k
ILUSTRASI - Membersihkan Lidah (FOTO: Dream)
ILUSTRASI - Membersihkan Lidah (FOTO: Dream)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjaga kebersihan dan kesehatan mulut tak cukup dengan menggosok gigi saja. Anda juga perlu membersihkan lidah. Mengapa? Bakteri tidak hanya terdapat pada gigi, tetapi ada di organ mulut lainnya, termasuk permukaan lidah.

Lidah yang sehat akan berpengaruh terhadap kesehatan gigi dan gusi, bahkan mulut secara keseluruhan. Dilansir dari Klik Dokter, berikut ada beberapa alasan mengapa Anda harus membersihkan lidah.

1. Indera Perasa Menurun

Lapisan yang menumpuk (plak) di lidah karena tidak dibersihkan akan membuat sensasi pengecapan pada lidah menurun saat mencicipi makanan atau minuman. Hal ini dapat terjadi karena sisa makanan dan kulit mati yang disebut dengan biofilm dapat menutupi indera perasa.

2. Berubah Warna

Lidah akan berubah warna jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang berwarna. Sebagai contoh jika Anda sering mengonsumsi kopi tapi tidak rutin melakukan pembersihan pada lidah, lama-kelamaan lidah akan berubah warna menjadi hitam.

3. Lidah Berjamur

Infeksi jamur juga dapat terjadi pada lidah dan akan menjadi parah jika Anda tidak menyikat lidah. Lidah akan terlihat berwarna putih pada permukaannya.

4. Penyakit pada Gigi dan Gusi

Dengan menyikat lidah, Anda dapat mengendalikan jumlah bakteri penyebab kerusakan gigi. Hal ini dapat terjadi karena kotoran yang menempel pada lidah dapat menyebar ke bagian mulut lainnya. Bila tidak dibersihkan, gusi dapat mengalami peradangan, yaitu gingivitis atau infeksi gusi. Jika tidak segera dilakukan perawatan, gingivitis akan bertambah parah menjadi periodontitis. Pada tahap ini gigi dapat tanggal.

Lalu, bagaimana cara membersihkan lidah yang benar?

Menurut American Dental Association (ADA), untuk membersihkan lidah, Anda dapat menggunakan alat khusus pembersih lidah atau scraper tongue. Lakukan hal ini setelah Anda selesai menggosok gigi dan berkumur.

Nah, memiliki mulut yang sehat tentu akan membuat napas Anda menjadi lebih segar. Anda pun jadi lebih percaya diri saat bergaul. Jadi, jangan hanya gigi, Anda juga harus rutin untuk selalu membersihkan lidah setelah menggosok gigi, agar kesehatan mulut lebih terjaga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : klikdokter.com

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES