Kesehatan

Manfaat Rambutan, Salah Satunya Bisa Mencegah Kanker, Lho!

Sabtu, 01 Desember 2018 - 05:02 | 147.58k
Kebun rambutan yang ada di Desa Kebonagung, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Kebun rambutan yang ada di Desa Kebonagung, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Buah rambutan memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Ternyata manfaat rambutan ini tidak hanya kita dapatkan dari sari buahnya saja, akan tetap juga bisa kita temukan dari kulitnya, kulit kayu dan daunnya.

Dilansir dari Boldsky, berikut ini adalah beberapa khasiat rambutan dari akar hingga biji yang perlu Anda ketahui.

1. Membersihkan Ginjal

Kandungan fosfor dalam daging rambutan membantu menyaring limbah dari tubuh. Sedangkan mineralnya membantu fungsi ginjal bekerja dengan baik.

2. Menguatkan Tulang

Mengonsumsi rambutan dapat memasok sejumlah zat besi, kalsium dan fosfor ke tubuh Anda. Unsur ini berkontribusi untuk meningkatkan kekuatan tulang dengan memperbaiki dan mengembangkan tulang menjadi lebih kuat serta mengurangi kemungkinan keretakan tulang dan penyakit.

3. Meningkatkan Kualitas Sperma

Tingginya kandungan vitamin C dalam buah rambutan dapat meningkatkan dan menjaga kualitas serta kesehatan sperma.

Penelitian telah mengungkapkan dampak vitamin C terhadap perkembangan sperma yang sehat. Oleh karena itu, memasukkan rambutan pada diet akan membantu memperbaiki kualitas sperma.

4. Mencegah Diabetes

Biji rambutan memiliki sifat anti-diabetes yang berfungsi membantu menjaga tingkat gula darah tetap stabil. Namun, biji rambutan ini tidak bisa langsung dikonsumsi. Anda harus merebus atau mengeringkannya terlebih dahulu.

5. Mencegah Kanker

Kulit rambutan memiliki sifar anti-kanker karena mengandung asam galat dan flavonoid yang berfungsi melawan radikal bebas berbahaya dalam sistem tubuh. Kulit rambutan juga mampu menghilangkan zat karsinogenik.

6. Meredakan Rasa Sakit

Sifat analgesik pada daun rambutan sudah dikenal dalam pengobatan China. Mengonsumsi jus daun rambutan dikatakan berdampak pada pusat saraf sehingga otak berpikir bahwa rasa sakitnya berkurang. 

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat rambutan untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini karena vitamin C yang ada pada buah rambutan. Vitamin C membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mencegah timbulnya penyakit dan menghilangkan radikal berbahaya. Ini juga berfungsi membantu memperkuat dan memperbaiki dinding pembuluh darah yang rusak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Boldsky

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES