Kesehatan

Tubuh Sehat saat Musim Hujan dengan Tips Olahraga Ini

Selasa, 27 November 2018 - 04:29 | 152.00k
Ilustrasi - Tips olahraga saat musim hujan (Foto: kawaiibeautyjapan.com)
Ilustrasi - Tips olahraga saat musim hujan (Foto: kawaiibeautyjapan.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jangan jadikan hujan sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Anda masih bisa melakukan olahraga agar tubuh sehat dan bugar. Namun, ada beberapa tips olahraga yang perlu Anda perhatikan ketika olahraga saat musim hujan.

Dilansir dari Hello Sehat, berikut tips penting melakukan olahraga saat musim hujan.

1. Tetap Lakukan Pemanasan

Pemanasan adalah ritual yang tidak boleh terlewatkan setiap kali Anda mau berolahraga, baik pada cuaca panas maupun dingin berangin. Berolahraga tanpa pemanasan apalagi di cuaca dingin justru meningkatkan risiko Anda untuk keseleo atau cedera.

Namun, cara pemanasan Anda juga tidak boleh sembarangan. Para ahli menyarankan Anda untuk melakukan pemanasan minimal 15 menit di dalam ruangan terlebih dulu agar suhu tubuh bisa meningkat lebih cepat. Kemudian, ikuti dengan gerakan peregangan untuk mencegah cedera.

2. Gunakan Baju Berlapis

Jika Anda tetap olahraga saat musim hujan, sebaiknya selalu gunakan pakaian berlapis. Mulai dari baju bahan sintetis yang paling tipis dulu sampai yang paling tebal serta bisa menahan terpaan angin kencang dan air hujan.

Hindari baju olahraga yang berbahan katun karena bisa menyerap keringat. Sebab, baju yang basah oleh keringat akan membuat suhu tubuh menurun dan meningkatkan risiko hipotermia.

Namun perhatikan juga berapa tebal lapisan baju Anda. Di sisi lain, berpakaian terlalu tebal bisa membuat Anda berkeringat lebih banyak sehingga membuat Anda semakin menggigil kedinginan. Jika Anda sudah mulai berkeringat deras, sebaiknya kurangi lapisan baju Anda agar tak terkena hipotermia.

3. Tetap Pakai Sunblock

Meski langit selalu mendung, bukan berarti Anda boleh membolos pakai sunblock atau tabir surya tiap kali akan olahraga di luar.

Awan menyaring sinar matahari tetapi tidak radiasi UV. The Skin Cancer Foundation mengatakan bahwa awan hanya menghalangi sedikitnya 20% dari sinar UV. Paparan sinar UV berlebihan adalah faktor risiko  yang menyebabkan penuaan dan kanker kulit.

4. Tetap Minum

Udara dingin yang nyaman membuat kita tidak merasa haus sehingga jadi lupa untuk minum. Padahal, kita tetap berkeringat ketika olahraga saat musim hujan.

Maka itu, Anda harus tetap minum air untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang agar tidak sampai dehidrasi. Agar tidak lupa, buat alarm untuk istirahat minum setiap 15-20 menit sekali.

5. Tetap Lakukan Pendinginan

Meskipun Anda olahraga saat musim hujan, ini bukan berarti Anda harus meninggalkan tahapan cooling down atau pendinginan usai berolahraga.

Selalu sisakan waktu 5-10 menit untuk pendinginan. Misalnya dengan berjalan santai setelah lari. Ini akan melancarkan aliran darah dari otot-otot ke jantung.

Itulah lima tips olahraga saat musim hujan yang bisa Anda lakukan. Dengan tips di atas, kini hujan bukan lagi halangan untuk mendapatkan tubuh sehat dengan olahraga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Hello Sehat

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES