Kesehatan

Bolehkah Orang dengan Kolesterol Tinggi Konsumsi Susu?

Minggu, 25 November 2018 - 05:24 | 912.06k
Ilustrasi - Konsumsi susu (Foto: hellosehat.com)
Ilustrasi - Konsumsi susu (Foto: hellosehat.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penderita masalah kolesterol tinggi sebaiknya mulai menjaga pola makan agar lebih sehat, khususnya dalam hal menurunkan asupan makanan dengan kadar lemak dan kolesterol. Lantas, bolehkah orang dengan kolesterol tinggi minum susu?

Sebagaimana kita ketahui, susu termasuk dalam minuman yang memiliki kandungan lemak cukup tinggi. Seperti dilansir dari Dokter Sehat, susu jenis ini memang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Namun, mereka masih diperbolehkan untuk minum susu rendah lemak atau low fat.

Susu jenis lainnya yang masih diperbolehkan bagi pengidap kolesterol tinggi adalah susu kedelai. Hal ini disebabkan oleh susu kedelai yang sebenarnya adalah sari dari tanaman, bukannya susu sebagaimana yang berasal dari hewan.

Hanya saja, sebagaimana susu pada umumnya, susu kedelai tetap memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan seperti vitamin A, vitamin B 12, vitamin D, serta potassium.

Selain itu, telah banyak penelitian yang menyebut susu kedelai juga lebih aman untuk dikonsumsi pengidap intoleransi laktosa, penyakit jantung, hingga mereka yang mengalami alergi susu.

Meskipun begitu, susu kedelai ternyata juga memiliki kekurangan, yakni minimnya kadar kalsium di dalamnya. Karena alasan inilah banyak produk susu kedelai kemasan yang diklaim telah diberi tambahan kalsium sehingga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tulang dan gigi kita.

Melihat fakta ini, penderita kolesterol tinggi bisa dengan tenang minum susu meskipun tentu saja susu yang dikonsumsi tidak boleh sembarangan. Selain itu, agar kadar kolesterol bisa tetap normal, ada baiknya  mereka menerapkan pola makan dengan kadar gizi yang seimbang, rajin berolahraga, tidur cukup, dan mengelola stres dengan lebih baik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES