Selasa, 18 Desember 2018
Gaya Hidup

Tips Aman Berenang di Pantai, Apa Saja?

Tips Aman Berenang di Pantai, Apa Saja? ILUSTRASI - Pantai Kuta, Bali. (FOTO: DOk. TIMES Indonesia)
Jum'at, 23 November 2018 - 06:23

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bermain di pantai rasanya kurang lengkap jika tidak berenang juga. Jika Anda ingin melakukan hal ini, sebaiknya Anda tetap berhati-hati. Jangan sampai Anda menjadi mangsa binatang laut atau predator laut. Anda harus memperhatikan arahan saat akan berenang. Apa saja tips berenang di pantai?

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk menghindari serangan predator laut, dilansir dari CNN Indonesia.

1. Ramai-Ramai

Jika ingin berenang di laut baiknya berenang ramai-ramai, karena hiu lebih senang memangsa korbannya yang terlihat berenang sendirian. Pastikan juga area yang bakal direnangi bukan habitat predator laut mencari makanan.

Jangan nekat berenang jauh dari pantai. Pastikan Anda masih dalam jangkauan penjaga pantai jika terjadi sesuatu.

2. Perhatikan Waktu

Perhatikan waktu ketika ingin berenang di laut. Hindari berenang di sore atau malam hari, karena dua waktu tersebut merupakan waktu produktif bagi predator laut untuk mencari makan.

3. Kostum Renang

Saat ini banyak pilihan perlengkapan untuk berenang di laut, seperti sepatu agar tidak menginjak terumbu karang sampai baju renang anti-kilap.

Perlengkapan renang dengan warna gelap bisa mengecoh predator laut yang lebih tertarik dengan mangsa berwarna-warni.

4. Hindari Perairan Kotor

Perairan bakal lebih keruh saat musim hujan. Jika dirasa mendung atau setelah hujan, sebaiknya urungkan niat berenang di perairan lepas.

Selain melindungi kulit dari terpaan sampah lautan, tak berenang di perairan keruh juga menghindari serangan predator laut yang gemar bersembunyi di balik gelapnya air.

5. Tidak Panik

Jangan langsung panik jika melihat hiu yang berenang di dekat kita. Jika hiu berjarak jauh dan tidak melihat keberadaan Anda, baiknya tenang dan diam di tempat. Hiu akan pergi dengan sendirinya.

Tapi jika hiu terlihat akan menyerang, segera menjauh dan berusaha keluar dari perairan.

Itulah lima tips berenang di pantai untuk menghindari predator laut yang bisa Anda lakukan. Selalu perhatikan keselamatan Anda saat berenang, ya. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : CNN Indonesia

Komentar

Registration