Peristiwa

TNI AU Menggelar Latihan Crash Team dan Airbag Jack di Lanud Abdulrachman Saleh

Kamis, 22 November 2018 - 13:44 | 58.02k
Suasana Latihan Crash Team dan Airbag Jack di Lanud Abdulrachman Saleh Malang. (FOTO: istimewa)   
Suasana Latihan Crash Team dan Airbag Jack di Lanud Abdulrachman Saleh Malang. (FOTO: istimewa)  

TIMESINDONESIA, MALANG – Untuk kali pertama, TNI AU menggelar Latihan Crash Team dan Airbag Jack di Lanud Abdulrachman Saleh Malang selama tiga hari mulai Senin (19/11/2018) hingga Kamis (22/11/2018) di Pararel Runway Lanud Abdulrachman Saleh.

Kegiatan ini diikuti para personel dari seksi Baseops, Opslat Disops, Lambangja, Angkutan, Crash team, Airbag Jack team, Seksi Sarban, Skatek 022, Pom, Intel, Rumkit, Pentak dan Hanlan serta jajaran Skadron Udara di Wing 2 Lanud Lanud Abdulrachman Saleh.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Operasi Lanud Abdulrachman Saleh bekerja sama dengan Lambangja Lanud Abdulrachman Saleh.

Kamis (22/11/2018) pagi tadi dilaksanakan manuver lapangan di area Lanud Abdulrachman Saleh, tepatnya pararel runway, dengan melibatkan personel dan peralatan crash team dan airbag jack yang dimiliki oleh Lanud Abdulrachman Saleh.

Suasana-Latihan-Crash-Team-dan-Airbag-Jack2.jpg

Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Marsma TNI Andi Wijaya, S.Sos. mengatakan tujuan latihan ini untuk meningkatkan profesionalisme personel Crash Team Lanud Abdulrachman Saleh beserta unsur terkait saat menghadapi maupun menangani kemungkinan adanya kejadian crash-landing pada pesawat terbang sewaktu-waktu yang tak terduga.

"Karenanya upaya penyelamatan penumpang dan pengamanan lokasi terjadinya kecelakaan serta sterilisasi di Bandar Udara bisa dilakukan oleh Crash team beserta unsur terkait. Tim Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) bisa meminimalisir atau mencegah terjadinya korban yang lebih besar," ujarnya. 

Menurutnya latihan Airbag Jack combine dengan Crash team ini adalah yang pertama kali dilaksanakan di Jajaran TNI AU, yang selama ini hanya dilaksanakan uji fungsi airbag jack di Skadron Teknik.

Sementara Kepala Seksi Baseops Disops Lanud Abdulrachman Saleh, Mayor (Pnb) Dodik S mewakili Kepala Dinas Operasi Kolonel (Pnb) Reza  R. R Satranegara, S, Sos, M, AP mengungkapkan, kegiatan ini diawali dengan Bina kelas. Materinya tentang pengetahuan Emergency Respon Plan, Tugas dan tanggung jawab Crash team, serta prosedur pengoperasian Airbag jack

Setelah itu baru dilaksanakan praktik lapangan emergency exit dan emergency evacuations pada pesawat C-130 Hercules, C-212 Cassa, Super Tucano, dan Boeing/Airbus/ATR.

Suasana-Latihan-Crash-Team-dan-Airbag-Jack3.jpg

Selain itu juga dilaksanakan Table Top Exercise, sebagai tahapan sebelum pelaksanaan Latihan Crash team dan Airbag Jack sebagai Penanganan Keadaan Darurat Kecelakaan Pesawat Udara (PKDKPU) di area Lanud Abdulrachman Saleh.

Tabel Top exercise ini dilaksanakan satu hari sebelum pelaksanaan manuver lapangan atau praktik lapangan.

Menurutnya, keuntungan dari Table Top Exercise ini adalah, peserta lebih paham terhadap emergency response plan yang ada. Peserta akan lebih memahami aturan dan ketentuan dalam prosedur PKDKPU. "Mengetahui kekurangan dan kendala yang mungkin terjadi dari perencanaan yang ada, serta memastikan bahwa prosedur yang ada dapat bekerja sesuai dengan semestinya," papar Kepala Seksi Baseops Disops Lanud Abdulrachman Saleh ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES