Indonesia Positif

UKM KSR-PMI Unit Unisma Malang Raih Dua Kategori Juara dalam TRCC

Rabu, 21 November 2018 - 10:16 | 114.05k
UKM KSR-PMI Unit Unisma Malang Raih Dua Kategori Juara dalam TRCC. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
UKM KSR-PMI Unit Unisma Malang Raih Dua Kategori Juara dalam TRCC. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGUKM KSR-PMI unit Unisma Malang mendapatkan 2 macam kategori juara dalam ajang TRCC (Tirtayasa Red Cross Competition) 2018 yang digelar di Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten. 

Juara 1 kategori Lomba PP (Pertolongan Pertama), juara 2 kategori Analisis BKRK (Bahaya, Kerentanan, Risiko, dan Kapasitas). 

Dalam kejuaran ini juga didapatkan piala vandel sebagai apresiasi dalam ajang kompetisi TRCC Nasional (Tirtayasa Red Cross Competition) 2018.

UKM-KSR-PMI-Unit-Unisma-Malang.jpg

Ady Irawan, selaku Ketua Umum UKM KSR-PMI Unisma Malang mengatakan, bahwa latihan yang mereka lakukan diagendakan setiap hari selama 2-3 minggu. Latihan diawali latihan fisik baru kemudian materi. 

"Jam 18.00-18.30 WIB kami melakukan latihan fisik, sedangkan  praktik dimulai jam 18.30 sampai sekitar jam 21.00 dan latihan tersebut tak kunjung lupa didampingi oleh Official lomba yaitu Moh. Faiz Fachriyan, selain itu ada istirahat latihan yang kami pergunakan untuk review dan diskusi dalam latihan serta mengisi perut yg kosong setelah melakukan kegiatan latihan," paparnya.

Bahan latihan yang dipelajari disesuaikan dengan kebutuhan tiap kategori lomba. Ada 2 kategori yang diperlombakan pada TRCC (Tirtayasa Red Cross Competition) 2018, yaitu Pertolongan Pertama (PP), dan Pemetaan BKRK. Teddy (Sebagai Tim kordinator Lomba), menjelaskan pada lomba Pertolongan Pertama mereka diharuskan tahu bagaimana cara menolong korban sesuai dengan kasus yang terjadi.

Dua-Kategori-Juara-dalam-TRCC..jpg

"Kami di kategori pemetaan BKRK, menetap selama 4 jam untuk menganalisis BKRK (Bahaya Kerentanan Resiko dan Kapasitas), dengan rincian 2 Jam untuk analisis BKRK lingkungan sekitar perlombaan, 2 jam untuk desain tempat lokasi, dan 10 menit presentasi.  Untuk lokasi sendiri  terdapat 1 RW dan terdiri  dari 3 RT yang ada di desa Tembong-Serang provinsi Banten," jelas Hilmi (Tim lomba BKRK).

Setelah meraih juara ketegori Pertolongan Pertama (PP) dan Analisis BKRK dalam ajang TRCCUKM KSR PMI Unisma Malang akan menyelenggarakan Workshop First Aid Nasional pada tanggal 24-25 November mendatang sebagai ajang silahturahmi antar KSR seluruh Indonesia.(*)

Hasan Hilmi A dan Nur Chamila

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES