Gaya Hidup

Rambut Sehat dengan Air Cucian Beras, Bagaimana Caranya?

Rabu, 21 November 2018 - 03:36 | 105.42k
ILUSTRASI: Perawatan rambut dengan Air Cucian Beras. (FOTO: vemale)
ILUSTRASI: Perawatan rambut dengan Air Cucian Beras. (FOTO: vemale)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Rambut merupakan salah satu anggota tubuh yang sangat mewakili penampilan kita. Karena itu banyak wanita yang selalu merawat rambut mereka. Perawatan rambut bisa Anda lakukan di salon, tapi bisa juga menggunakan bahan alami untuk perawatan sendiri di rumah. Salah satu yang membuat masyarakat penasaran belakangan ini adalah manfaat air cucian beras untuk rambut.

Air beras memang pada dasarnya sudah menjadi salah satu bahan alami populer untuk merawat tubuh, tapi sepertinya belum banyak masyarakat yang mengerahui manfaat air cucian beras untuk rambut.

Kandungan berbagai vitamin dan mineral pada air cucian berat memiliki banyak sekali manfaat untuk rambut. Berikut adalah 5 manfaat air cucian beras untuk rambut yang perlu Anda ketahui, dilansir dari Dokter Sehat.

1. Menyuburkan Rambut

Di dalam air cucian beras terdapat Inositol atau vitamin B8 yang bisa memaksimalkan pertumbuhan rambut. Umumnya rambut akan lebih sulit bertambah panjang jika sudah dalam keadaan panjang. Tapi dengan air cucian beras Anda bisa membuat pertumbuhan rambut Anda berjalan maksimal.

2. Melindungi Rambut dari Kerusakan

Air beras dapat menguatkan rambut dan mencegah rambut dari kerusakan. Kandungan Inositol dalam air cucian beras membantu untuk membuat lapisan pelindung rambut. Lapisan ini bahkan masih bertahan setelah rambut di bilas dengan air bersih. Hasilnya rambut pun menjadi lebih kuat dan terhindar dari kerusakan seperti rambut kering, pecah, dan juga bercabang.

Kandungan asam amino dan juga vitamin lainnya dalam rambut juga berfungsi untuk relaksasi kepala sehingga peradaran darah menjadi lebih lancar. Peredaran darah yang semakin lancar di kepala akan berpengaruh pada rambut dan dapat meperkuat akar rambut.

3. Membuat Rambut Berkilau dan Lembut

Manfaat air cucian rambut selanjutnya adalah mampu untuk membuat rambut berkilau. Rambut yang sehat memiliki kutikula yang sehat. Sedangkan kutilkula rambut yang sehat akan membuat rambut jadi terasa lembut dan juga akan dengan lebih mudah memantulkan cahaya sehingga rambut jadi terlihat lebih berkilau.

4. Mengatasi Ketombe

Manfaat air cucian beras yang kelima adalah dapat mengatasi masalah ketombe yang ada di rambut. Ketombe sangatlah mengganggu penampilan dan membuat tidak nyaman karena menimbulkan rasa gatal luar biasa pada rambut. Air beras bisa menyeimbangkan pH kulit kepala dan juga mengontrol produksi minyak di kulit kepala sehingga Anda pun bisa terbebas dari masalah ketombe.

Manfaat air beras untuk rambut bisa Anda dapatkan dengan cara perawatan rutin. Cara mendapatkan manfaat air beras untuk rambut ini sangat praktis dan ekonomis karena yang Anda butuhkan hanyalah air dan beras.

Berikut adalah cara mendapatkan manfaat air cucian beras untuk rambut!

1. Bersihkan beras dari berbagai kotoran yang tidak dibutuhkan. Lalu campurkan beras dan air dalam sebuah wajah dengan perbandungan 1:1.

2. Rendam beras hingga air berubah warna. Masukkan air beras ke dalam sebuah wadah plastik, kemudian tutup.

3. Diamkan air beras 12-24 jam di suhu ruangan agar air beras berfermentasi. Tapi Anda melupakan air tersebut dan mendiamkannya lebih dari 24 jam, maka lebih baik buat air beras yang baru karena kondisi air sudah tidak baik.

4. Gunakan air beras tersebut untuk membilas rambut. Jika air masih tersisa, simpan di kulkas untuk digunakan kembali nanti.

Itulah cara mendapatkan manfaat air cucian beras untuk rambut Anda. Melakukan perawatan rambut tak harus mahal, bukan! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES