Peristiwa Daerah

Disparpora Naik Grade, Wabup Berharap Destinasi Wisata Bisa Genjot PAD

Selasa, 20 November 2018 - 21:32 | 52.43k
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Tahun 2019 menadatang, Disparpora (Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga) akan naik grade, dari C ke B.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat berharap, destinasi wisata menjadi bagian, yang bisa terus menambah PAD (pendapatan asli daerah).

Menurutnya, naik grade tersebut, sebagai bagian upaya dalam mewujudkan Bondowoso menjadi destinasi wisata. Dengan harapan, bisa meningkatkan PAD, dari sektor pariwisata.

“Target menaikkan grade Disparpora akan dilakukan setelah evaluasi kelembagaan, sekitar 2019 akhir. Insyallah, 2019 akhir Bapemperda sudah kita masukkan," katanya, Senin (19/11/2018).

Di sisi lai, Harry Patriantono, Kepala Disparpora mengatakan, bahwa selama ini, penanganan sektor parawisata hanya dilakukan oleh satu kepala bidang, dengan tiga kepala seksi.

Menurutnya, diperlukan tiga bidang  dalam pengembangan pariwisata di Bondowoso. Yakni, bidang pariwisata, bidang promosi dan pemasaran, dan bidang peningkatan SDM dan regulasi.

“Padahal, pengembangan pariwisata bukan hanya di Sarpras, melainkan juga SDM,” katanya.

Alasanya, pengembangan pariwisata di Bondowoso ini baru berjalan tiga tahun sehingga SDM yang mengelola di daerah tujuan wisata semuanya masih belum memiliki sertifikasi.

Artinya, juga harus membangun SDM di bidang pariwisata. Selain itu, beberapa objek wisata masih banyak yang tidak layak kunjung. Artinya perlu peranan khusus di tingkat bidang, untuk menangani pembangunan sarpras destinasi.

"Ketika ini menjadi OPD unggulan, ini bisa menambah PAD. Karena target kami dalam indikator kinerja, yakni dengan menjadikan Bondowoso sebagai daerah tujuan wisata,” ternganya.

Kepala Disparpora (Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga), Harry Patriantono, juga berharap sama seperti Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat, yaitu wisatawan tinggal lama, dan membelanjakan uangnya di Bondowoso, sehingga menambah PAD. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES