Peristiwa Nasional

ID-Republikan Dorong Penguatan Pancasila Berdasar Wawasan Islam Moderat

Selasa, 20 November 2018 - 16:01 | 56.75k
Institut Demokrasi Republikan (ID-Republikan)
Institut Demokrasi Republikan (ID-Republikan)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Institut Demokrasi Republikan (ID-Republikan) menyebut temuan survei Alvara Research Center pada 2017 tentang 19,4 persen ASN (Aparat Sipil Negara) yang anti-Pancasila harus disikapi dengan baik oleh pemerintah dan para pemangku kepentingan.

Dalam siaran pers yang diterima TIMES Indonesia, Syaiful Arif selaku Direktur Eksekutif ID-Republikan menyebut temuan survei itu sudah membuat Kementerian Dalam Negeri dan stakeholder pemerintahan lainnya terperanjat dengan fakta mengerikan tersebut, mengingat ASN merupakan bagian dari aktor kenegaraan yang semestinya ikut mendukung dasar negara Pancasila.

Temuan survei Alvara tersebut memang mengagetkan, karena 19 persen bukanlah jumlah yang sedikit. Ketika diminta memilih antara Islam sebagai dasar negara, dengan Pancasila; 19 persen orang ini ternyata lebih memilih Islam sebagai dasar negara. Atas persoalan ini, Institut Demokrasi Republikan (ID-Republikan) memiliki beberapa pandangan berikut:

  1. Temuan tersebut seharusnya menjadi 'genderang pengingat' atas rapuhnya penguatan wawasan kebangsaan, baik untuk masyarakat umum maupun pegawai negeri. Hal ini semestinya menjadi alasan pemerintah untuk kembali mengadakan program penguatan Pancasila di semua sektor lini masyarakat.

    Setelah dihapusnya Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P-4) pada 1998, praktis tidak ada lagi penguatan Pancasila yang sistematis, struktural dan massif. 
     
  2. Jikapun program semacam P-4 diadakan kembali, konten kepancasilaan, metode pendidikan dan pelatihan (diklat), serta strategi pembinaan harus dirombak total. Tidak lagi mengacu pada gaya Penataran P-4, melainkan penguatan Pancasila yang selaras dengan semangat Reformasi dan demokratisasi.

    Tugas Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menjadi tidak ringan, karena selain menyegarkan teknik pendidikan, juga memperbarui materi wawasan Pancasila, agar tidak terjatuh di lubang yang sama dengan kelemahan P-4.
     
  3. Diperlukan penguatan Pancasila melalui wawasan keagamaan, terutama keislaman. Sebab, 19 persen ASN yang anti-Pancasila itu sebenarnya merupakan korban dari proses ideologisasi yang dilakukan oleh kelompok radikal.

    Penguatan Pancasila melalui wawasan keislaman moderat menjadi solusi yang tak bisa ditolak, jika ingin mengembalikan kembali kalangan terpapar radikalisme, ke pangkuan kesadaran berkebangsaan. 
     
  4. Mendesak untuk dilakukannya penelitian lebih dalam tentang person-person dari 19 persen ASN tersebut, untuk dilakukan pembinaan secara intensif. Sebab jika tidak, mereka akan menjadi duri dalam daging lembaga kenegaraan, mengingat sebagai pegawai negeri yang hidup dari APBN, namun menolak dasar negara nasional.

    Rekrutmen CPNS harus pula diperbarui dengan pengetatan tes wawasan kepancasilaan. Karena selain kompetensi, komitmen atas kehidupan bangsa juga harus dimiliki oleh setiap abdi negara.
     
  5. Meminta BPIP agar menjadikan persoalan ini sebagai pijakan problematik bagi program pembinaan Pancasila. Penguatan Pancasila semestinya tidak terhenti di dalam kegiatan sporadik dan simbolik, dengan penekanan pada pelibatan massal masyarakat tanpa pendidikan atau ideologisasi yang intensif.

    Jika penguatan Pancasila hanya terhenti pada kegiatan seminar dan festival budaya, maka masyarakat kita aka terus direbut oleh kelompok radikal yang secara intensif melakukan pendidikan non-formal di akar rumput. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Press Rilis

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES