Peristiwa Daerah

Pemprov DKI Jakarta Gandeng KemenPUPR Garap Normalisasi Sungai di Jakarta

Senin, 19 November 2018 - 23:52 | 44.61k
Kali Ciliwung, Jakarta  (Foto: Warta Kota/Joko Supriyanto)
Kali Ciliwung, Jakarta (Foto: Warta Kota/Joko Supriyanto)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPemprov DKI Jakarta akan bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) dalam program normalisasi kali/sungai di Jakarta. 

Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pihaknya bekerja sama dengan Direktorat Sungai dan Pantai Kemen PUPR dalam normalisai yang di istilahkan "naturalisasi".

"Kami akan bekerja sama dengan Direktorat Sungai dan Pantai, kami akan memulai. Kemarin kesepakatannya akan memulai dari Manggarai sampai Tanah Abang. Itu yang akan kami mulai sama-sama. Karena kami mengerjakan yang ada di sungai itu sesungguhnya adalah wewenang dari Kementerian PUPR,  khususnya Direktorat Sungai dan Pantai," ujar Anies di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (19/11/2018).

Program naturasilasi ini baru akan dimulai di penghujung 2018 atau awal tahun 2019. "Mudah-mudahan di tahun anggaran 2019 sudah bisa dilaksanakan," sambungnya.

Dalam hal ini pemprov DKI akan terus berkontribusi yang terbaik untuk membenahi aliran sungai dan kali agar mengembalikan fungsi awalnya sebagai ekosistem yang alamiah.

Anis menambahkan, hal ini dilakukan untuk mengendalikan reprensi air sebelum meluap dari hulu pertama di Bogor hingga hulu kedua yang di atap rumah yang berada di Jakarta.

"Hulu pertama pengedaliannya tentu dengan lebih banyak lagi tempat untuk reprensi sebelum air itu meluap. Yang kedua hulu yang di atas dengan drainase vertikal sehingga setiap rumah, setiap bangunan, gedung tidak menyumbat air keluar dan ini akan kami kampanyekan secara serius," terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES