Kesehatan

Menggunakan Kipas Angin Bisa Memicu Kematian Dini?

Selasa, 20 November 2018 - 06:16 | 40.58k
Tidur mengguakan kipas angin. (FOTO: Grid)
Tidur mengguakan kipas angin. (FOTO: Grid)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak orang yang menggunakan kipas angin saat tidur karena bisa membantu suhu ruangan menjadi lebih sejuk. Sebagaimana kita ketahui, suhu udara di Indonesia, termasuk saat malam hari cenderung tetap panas atau hangat. Dengan memakai kipas angin, maka suhu ruangan akan menjadi lebih nyaman dan kita pun akan tidur dengan lebih nyenyak. Meski demikian benarkah memakai kipas angin bisa memicu kematian dini?

Pakar kesehatan membantah informasi yang menyebut memakai kipas angin saat tidur bisa menyebabkan kematian dini. Dilansir dari Dokter Sehat, memang kematian bisa saja terjadi saat kita sedang terlelap, namun menyalahkan kipas angin tidaklah tepat karena bisa jadi pemicunya adalah masalah kesehatan lainnya.

Lantas, apakah hal ini berarti kita tetap bisa menggunakan kipas angin saat tidur tanpa perlu khawatir?

Pakar kesehatan menyebut kita masih boleh menggunakannya, namun pastikan bahwa ruangan yang kita tempati masih memiliki ventilasi atau jendela sehingga tidak benar-benar tertutup rapat demi memastikan masih ada suplai oksigen yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Jika ruangan tertutup rapat, maka kadar oksigen semakin menipis dan hal ini bisa membuat suhu ruangan menjadi lebih hangat. Selain itu, kekurangan oksigen juga bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Ada baiknya kita juga tidak mengarahkan langsung kipas ke tubuh kita. Pastikan untuk mengarahkannya ke bagian tembok ruangan saja karena hal ini sudah cukup untuk menurunkan suhu udara dengan efektif. Hal ini berarti, kita tidak disarankan untuk menggunakan kipas angin besar yang dipasang di langit-langit karena hal ini akan membuat paparan angin langsung mengarah ke tubuh.

Selalu bersihkan baling-baling kipas angin karena jika sampai penuh dengan debu, maka kita akan menghirup debu dan berbagai kotoran tersebut yang dikhwatirkan bisa menyebabkan gangguan pernapasan atau alergi.

Berdasarkan hal di atas, menggunakan kipas angin saat tidur bukanlah penyebab kematian dini. Namun agar tidak berisiko, Anda tetap perlu memperhatikan berbagai hal saat menggunakan kipas angin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES