Peristiwa Daerah

Pemprov DKI Sigap Menyikapi Bantaran Kali Ciliwung yang Amblas

Senin, 19 November 2018 - 17:07 | 17.84k
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (FOTO: Dok TIMES Indonesia)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan meninjau bantaran tanah anak Kali Ciliwung, Pademangan, Ancol, Jakarta Utara yang amblas pada Minggu (18/11/2018).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini memaparkan pihaknya akan segera memeriksa kondisi serta faktor pasca amblasnya bantaran tanah tersebut.

"Ya saya akan periksa seperti apa kondisinya, sejauh ini laporan dari camat Pademangan ada 6 KK yang diungsikan dan dibuatkan tempat tinggal sementara," kata Anies saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (18/11/2018).

Penyebab amblasnya tanah tersebut masih dalam pemeriksaan. Namun, besar kemungkinan akibat pengerukan kali yang terlalu pinggir hingga menyebabkan penurunan tanah.

Hal ini akan menjadi evluasi bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam pembenahan dan pembenaran dinding sungai agar mengutamakan keselematan dan kelancaran pekerjaan. 

"Ini akan jadi bagian dari koreksi untuk lebih hati-hati di dalam àkegiatan-kegiatan SDA di sana, nanti saya akan lihat ke lokasinya," lanjut Anies.

Anies menambankan, kendala dalam pengurukan sungai di Jakarta, termasuk Kali Ciliwung, berupa dinding-dinding kanan kiri sungai yang tidak memiliki pondasi cukup dalam. "Konsekuensinya juga ketika mengeruk hanya bisa dilakukan di bagian tengah, begitu mengeruknya agak ke pinggir potensi longsor menjadi tinggi. Di sisi lain ketika dilakukan pengerukan hanya di tengah efektifitasnya menurun jadi nanti bagian dari koreksi untuk jangka panjang kita," tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES