Pendidikan

Pelajar SD Islam Al-Muttaqin Gresik Dikenalkan Ilmu Jurnalistik Dasar

Senin, 19 November 2018 - 16:28 | 210.22k
Pemateri sedang memberikan pelatihan jurnalistik dasar ke pelajar SD Islam Al-Muttaqin Driyorejo (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Pemateri sedang memberikan pelatihan jurnalistik dasar ke pelajar SD Islam Al-Muttaqin Driyorejo (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Pelajar SD Islam Al-Muttaqin, Driyorejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, dikenalkan ilmu jurnalistik. Mereka antusias mengikuti kegiatan tersebut. Dalam kesempatan itu, mereka juga belajar untuk menjadi jurnalis cilik.

Setelah mendapat ilmu jurnalistik dasar, para pelajar kemudian diajak mengenal dasar menulis berita. Dengan selembar kertas, mereka menuliskan pengalamannya dengan teknik 5W1H.

pelatihan-jurnalistik-2.jpg

"Ini tadi menulis soal pengalaman ketika rekreasi beberapa waktu yang lalu. Asik juga ikut pelatihan ini, jadi tahu bagaimana cara menulis berita," kata Nadin Faiza Kamil, salah satu siswa, Senin (19/11/2018).

Nadin berharap melalui pelatihan yang digelar sekolah, ia bisa mendapatkan ilmu banyak soal jurnalistik dan pemberitaan. "Ya karena sejak dulu suka membaca dan menulis," ucap siswi kelas 5A itu.

Dalam kesempatan tersebut, salah satu pemateri dari Video Jurnalis TV9 Angga Purwancara berpesan, untuk menjadi jurnalis handal dibutuhkan waktu dan jam terbang serta rutin membaca buku bacaan.

Dalam kesempatan tersebut, Angga juga menceritakan pengalamannya saat menjadi video jurnalis. Dengan menjadi jurnalis, seseorang bisa kenal dengan banyak orang, mulai dari pejabat pemerintah, artis hingga pemain sepak bola.

pelatihan-jurnalistik-3.jpg

"Makanya harus rajin membaca, selain itu belajar terus menerus soal penulisan. Jika itu dilakukan maka kita akan mahir dalam menulis berita," tandasnya.

Senada dengan Angga, Redaktur Tribunjatim.com Januar Adi Sagita berharap, melalui seminar ini pelajar dapat menjadi jurnalis andal di era mendatang. "Agar kita ada penerusnya," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala SD Islam Al-Muttaqin, Dewi Mugirahayu menjelaskan, sejak dahulu sekolahnya memang mendambakan adanya jurnalis cilik yang bisa meliput setiap kegiatan sekolah.

Sebab kata dia, SD Islam Al-Muttaqin, Kabupaten Gresik merupakan sekolah berbasis literasi. "Sejak dulu ingin, bahkan program sekolah literasi sudah ada sejak dulu. Kami berharap pelajar dapat meresapi ilmu jurnalistik yang diberikan dalam pelatihan ini," paparnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES