Gaya Hidup

Lima Pilihan Olahraga yang Bisa Meningkatkan Mood, Apa Saja?

Senin, 19 November 2018 - 06:18 | 46.47k
Olahraga yoga dipercaya bisa meningkatkan mood (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)
Olahraga yoga dipercaya bisa meningkatkan mood (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAOlahraga bisa membuat suasana hati semakin membaik dan rasa emosi akan mereda. Bukan hanya itu, ketika berolahraga tubuh terasa lebih rileks dan tenang. Jika ingin mengatasi mood buruk atau bad mood, coba cara yang satu ini.Lalu, apa saja olahraga yang cocok untuk meningkatkan mood? Yuk simak ulasannya berikut, dilansir dari Hello Sehat.

1. Yoga

Yoga adalah olahraga yang fokus pada peregangan, pernapasan dan gerakan halus yang dilakukan sambil melepaskan emosi negatif. Yoga membantu menenangkan dan mengistirahatkan pikiran sembari menggerakan tubuh.

Melalui gerakan dan cara bernafas yang teratur dalam gerakan yoga, secara alami yoga akan mencairkan suasana hati dan membiarkan kekhawatiran yang Anda rasakan semakin berkurang.

2. Jalan

Jika Anda memiliki banyak masalah, bahkan membuat Anda bad mood, cara paling sederhana untuk mengatasi ini adalah dengan jalan-jalan. Berjalan merupakan kategori aktivitas fisik tingkat sedang yang bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Berjalan hanya beberapa menit dapat menenangkan saraf-saraf Anda yang pada akhirnya dapat meningkatkan mood Anda lebih baik, terutama jika Anda berjalan di luar ruangan.

3. Tai Chi

Jika sedang bete, kembalikan mood Anda dengan memulihkan energi positif. Taichi adalah salah satu olahraga yang dapat mengubah fokus pikiran sekaligus menyegarkan tubuh.

Dilansir dalam laman Livestrong, Taichi juga dapat meningkatkan kualitas tidur, menurunkan tingkat stres dan meningkatkan ketenangan. Semua manfaatnya ini dapat membantu meningkatkan mood yang sedang kacau.

4. Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu olahraga endurance yang menyenangkan. Bagaimana tidak, sambil naik sepeda, Anda bisa jalan-jalan dan menikmati pemandangan lingkungan sekitar.

Bersepeda membantu meningkatkan kadar endorfin yang memicu timbulnya perasaan senang, dan memberi Anda waktu untuk berpikir jernih sehingga Anda dapat mengendalikan stres lebih baik. Ajaklah teman terdekat untuk pergi bersepeda agar suasana semakin menyenangkan.

5. Senam Aerobik

Jika Anda suka dengan gerakan seperti menari yang lebih energik. Saat bad mood, Anda bisa mencoba melakukan olahraga senam aerobik ini. Ada banyak jenis senam aerobik, ada zumba, ballet, belly dance, dan lain-lain.

Olahraga aerobik pada dasarnya memang jadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan endorfin, serotonin, dopamin, zat kimia otak yang bantu membangkitkan rasa senang. Ditambah lagi dengan iringan musik, ini akan meningkatkan mood Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES