Pendidikan Teknologi Pertanian Indonesia

Ratusan Mahasiswa UB dan Polbangtan Malang Praktik Bersama

Minggu, 18 November 2018 - 20:26 | 56.41k
Mahasiswa UB dan Polbangtan Malang mengikuti praktik pemgoperasian alsintan di lahan kampus 1 Polbangtan Malang. (Foto: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Mahasiswa UB dan Polbangtan Malang mengikuti praktik pemgoperasian alsintan di lahan kampus 1 Polbangtan Malang. (Foto: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
FOKUS

Teknologi Pertanian Indonesia

TIMESINDONESIA, MALANG – Sebanyak 154 mahasiswa Fakultas Pertanian UB (Universitas Brawijaya) dan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang melakukan praktik bersama mengoperasikan alat mesin pertanian (alsintan).

Praktik bareng mahasiswa dua perguruan tinggi ini dilaksanakan Sabtu (17/12018) di lahan kampus I Polbangtan Malang.

"Ini merupakan jalinan persahabatan untuk menyiapkan generasi muda membangun pertanian," ucap Ayu, salah satu mahasiswa praktikan asal UB.

Dia mengaku memperoleh pengalaman dalam pengolahan tanah dengan mempraktikkan pengoperasian alsintan.

"Kami dibimbing dan didampingi dosen dan tim PLP Polbangtan, serta praktek mengoperasikan alsintan didampingu mahasiswa Polbangtan," ujar mahasiswa semester 7 ini.

Selain praktik, lanjutnya, mahasiswa dua kampus ini bisa saling berkomunikasi dan berbagi pengalaman.

Sementara itu, koordinator praktek, Ir. Dwi Purnomo mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk lain dari kerja sama pendidikan yang dilakukan di Polbangtan Malang.

Pelibatan 30 mahasiswa Polbangtan Malang sebagai instruktur praktik, tambah dia, merupakan bentuk pendewasaan untuk melatih dalam membagikan ilmu yang diperoleh di Polbangtan Malang.

Alsintan yang dikerahkan dalam praktik mahasiswa ini berupa traktor roda 4, hand traktor, combine harvester, cultivator serta transplanter.

Direktur Polbangtan Malang, Dr. Bambang Sudarmanto menyambut baik kegiatan para mahasiswa ini. Dia mendukung adanya kerja sama lainnya dengan UB dalam membangun generasi muda pertanian sebagai penerus cita-cita mewujudkan kedaulatan pangan dan lumbung pangan dunia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES