Peristiwa Daerah

Gelar Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Online, SMKN 1 Kutasari Gandeng Gubug Kreatif

Minggu, 18 November 2018 - 18:12 | 129.03k
Acara Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Online di aula SMKN 1 Kutasari, Purbalingga. (FOTO: SMKN 1 Kutasari for TIMES Indonesia) 
Acara Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Online di aula SMKN 1 Kutasari, Purbalingga. (FOTO: SMKN 1 Kutasari for TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, PURBALINGGASMKN 1 Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menggelar acara Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Online. Dalam acara ini, SMKN 1 Kutisari bekerja sama dengan Gubug Kreatif Purbalingga.

Acara yang berlangsung, Sabtu-Minggu (17-18/11/2018)
di Aula SMK N 1 Kutasari, Kecamatan Kutasari ini, sedikitnya diikuti oleh 60 siswa.

Panji, guru sekaligus Staf Kewirausahaan SMKN 1 Kutasari mengatakan, persaingan dunia usaha dituntut untuk bisa menyesuaikan di era digital saat ini. Untuk itu, masing-masing pelaku bisnis, baik yang sudah berkembang maupun yang start up bisnis harus bisa menyesuaikannya saat ini.

"Dengan demikian mereka bisa bersaing dan menguasai pasar modern dengan menggunakan Hp berbasis Android atau smart Phone. Dan ini menjadi dasar bagi sekolah SMK Negeri 1 Kutasari untuk membina siswa-siswinya dengan strategis, yakni mengadakan pelatihan kewirausahaan berbasis online yang bekerja sama dengan Gubug Kreatif Purbalingga," katanya.

Faunder Gubug Kreatif Purbalingga, Andi Pranowo, menambahkan pelatihan kewirausahaan berbasis teknologi informasi atau online ini, mengangkat tiga materi dasar untuk pemahaman bagi anak-anak di bangku sekolah.  

Diantaranya, katanya, yakni strategi bisnis online yang disampaikan oleh Basuki selaku Kepala sekolah bisnis online Banyumas, kemudian Andi Pranowo, tentang strategi kewirausahaan faunder Gubug Kreatif dan Ananda, owner Ananda Online Shop.

"Ini langkah yang dasar bagi pelaku bisnis, baik yang baru mau melakukan atau yang sudah memulai bisnisnya, baik bisnis kuliner dan kerajinan," kata Andi.

Salah satu peserta Pelatihan Kewirausahan Berbasis Online, Jeki, dari pengurus OSIS SMKN 1 Kutasari, mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut harus berkelanjutan dan bersifat pembinaan yang intensif. "Karena sebagai pemula masih perlu dorongan secara moral bagi seluruh pihak, terutama guru dan pelaku bisnis langsung," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Purbalingga TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES