Selasa, 18 Desember 2018
Pendidikan

Belajar Meski Sakit, Nuzul Siap Harumkan Nama Bondowoso di Tingkat Provinsi

Belajar Meski Sakit, Nuzul Siap Harumkan Nama Bondowoso di Tingkat Provinsi Muhammad Nuzul Rahmatullah, saat menjadi juara dalam ajang Indonesia Berprestasi (FOTO: Mursidi for TIMES Indonesia)
Minggu, 18 November 2018 - 13:39

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Generasi terbaik, adalah ia yang selalu mempunyai semangat tinggi. Seperti Muhammad Nuzul Rahmatullah, siswa asal BRK (Bondowoso Republik Kopi), meskipun dalam keadaan sakit, ia tetap belajar, demi meraih prestasi dan masa depan yang cemerlang.

Berkat semangatnya, siswa SDN Baratan Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso ini, banyak meraih prestasi. Bahkan, dalam waktu dekat, ia akan mewakili Bondowoso di tingkat Provinsi Jawa Timur, dalam ajang Lomba Siswa Prestasi.

Bukan  perkara mudah untuk mewakili kota, yang dikenal dengan sebutan Republik Kopi ini.  Pasalnya, ia harus bersaing mengikuti seleksi ketat di tingkat Kabupaten.

Nuzul-2.jpg

Untuk bisa bertanding di tingkat Jatim, Nuzul harus memenangkan lomba Siswa Berprestasi, yang diselenggarakan tanggal 14 sampai 15 November di SD Blindungan I. Ia keluar sebagai juara pertama, dan diumumkan Jumat (16/11/2018) kemarin.

Dalam ajang itu, Nuzul harus menjawab tes, dari 5 matapelajaran sekaligus, yaitu Matematika, IPA, IPS, dan Bahasa Indonesia.

Selain itu, juga diuji keterampilan mengarang, tes kepemimpinan, kepribadian, hafalan pembukaan UUD 1945, menari, hafalan visi misi sekolah, wawasan kebangsaan, wawasan budaya Bondowoso, batas wilayah, dan hafalan nama Bupati, Gubernur dan Presiden.

Mursidi, paman Nuzul mengatakan, bahwa keponakannya tersebut ditinggal merantau oleh orang tuanya ke Kalimantan, sejak masih duduk di bangku kelas 2 SD.  

“Tanpa ada orang tua yang mendampinginya, dia itu bisa, kakaknya yang baru lulus kuliah, yang mendidik, dan dia tinggal bersama buleknya,” katanya, Minggu (18/11/2018).

Puluhan prestasi, kata dia, yang telah diraih Nuzul, khsusnya lomba Matematika, dan ajang bergengsi tingkat Jatim lainnya, juga sudah dikoleksinya.

Nuzul-3.jpg

Mursidi mengatakan, bahwa anak-anak dari sekolah di desa, jika dibina dan dibimbing dengan benar, akan menjadi sebuah produk berkualitas tinggi, yang tidak kalah dengan murid-murid dari kota atau Kecamatan lain.

“Nah, tinggal bagaimana perhatian Pemkab, khususnya Dinas Pendidikan Bondowoso pada murid di desa yang penuh prestasi ini, yang akan mengharumkan nama kota Bopndowoso,” harapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih, kepada Pak Ryan, salah satu guru Nuzul, yang terbilang disiplin dan tegas dalam mendidik murid-muridnya.

Besar harapan, salah satu generasi terbaik Bondowoso, yaitu Muhammad Nuzul Rahmatullah, mendapat dukukungan moril dan materil dari pemerintah daerah, saat mewakili BRK (Bondowoso Republik Kopi) di tingkat Provinsi Jawa Timur. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration