Politik

Ibas: Demokrat Dukung Penataan Wilayah Pesisir

Sabtu, 17 November 2018 - 19:16 | 23.94k
Edhie Baskoro Yudhoyono saat reses di daerah Pacitan (FOTO: Ist/TIMES Indonesia)
Edhie Baskoro Yudhoyono saat reses di daerah Pacitan (FOTO: Ist/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Fraksi Partai Demokrat (PD), Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang akrab disapa Ibas mengatakan, partainya mendukung penataan wilayah pesisir pantai di Indonesia. Sebab, hal tersebut sangat diperlukan demi melindungi hak masyarakat lokal dan adat.

Untuk itu, kata Ibas, hadirnya Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 27 tahun 2007 mengenai Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil yang lahir semasa mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memimpin sudah tepat. 

Demikian disampaikan Ibas, ketika reses dan bersilaturahmi dengan masyarakat di Pantai Taman, Pacitan, Jawa Timur. 

"Menjaga kebersihan pantai juga harus tetap dilakukan, mengingatkan pada masa Pak SBY menjadi presiden, ada Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 27 Tahun 2007 mengenai Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil," ujar Ibas melalui keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia, Sabtu (17/11/2018). 

Ibas mengatakan, keberadaan peraturan ini untuk memastikan adanya kewajiban pembuatan zonasi pada suatu wilayah atau daerah, yang menata perairan dan pesisir sebelum dimanfaatkan.

Penataan wilayah pesisir, menurut Ibas sangat diperlukan agar tidak ada lagi pemanfaatan dan kepemilikan pulau maupun kawasan perairan dan pesisir yang mengabaikan prinsip dasar. 

"Seperti prinsip dasar hak masyarakat lokal, investasi, perijinan yang mengendalikan, serta upaya konservasi yang memastikan keberlangsungannya," terang putra bungsu SBY. 

Pada kesempatan itu, Pemegang suara terbanyak Dapil VII Jatim  (243.747 suara) itu juga memuji berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan dalam memajukan industri pariwisata di wilayah itu. Apalagi tempat wisata seperti Pantai Taman, kini semakin diminati wisatawan baik oleh turis lokal maupun asing. 

"Saya mengapresiasi Pemkab Pacitan dalam hal ini Bupati Pacitan Bapak Indartato yang serius dalam pengembangan industri pariwisata Pacitan," katanya.

"Saya juga bersyukur, pengunjung Pantai Taman semakin bertambah setiap tahun, akan tetapi saya berpesan agar mengingatkan pengunjung untuk menjaga kearifan lokal di sini agar pantai ini terjaga," kata Ibas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah Kabupaten Pacitan, Endang Sujasari mengatakan pihaknya menyambut baik dan mengapresiasi kunjungan Ibas ke Pantai Taman. 

Endang Sujari yakin kehadiran Ibas mampu memberi energi baru dalam pengembangan industri pariwisata Pacitan.

"Kami berterima kasih atas kehadiran Mas Ibas ke Pantai Taman. Setiap Mas Ibas berkunjung ke destinasi wisata, tempat itu akan semakin bertambah pengunjungnya. Rupanya Mas Ibas merupakan magnet bagi banyak orang baik itu di Pacitan maupun di luar Pacitan," katanya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES