Kesehatan

Sering Sendawa Bisa Jadi Tanda Ada Masalah Kesehatan di Tubuh

Sabtu, 17 November 2018 - 04:32 | 67.49k
Bersendawa. (FOTO: Alodokter)
Bersendawa. (FOTO: Alodokter)

TIMESINDONESIA, JAKARTASendawa sering dianggap hal yang biasa. Sendawa adalah sebuah aktivitas yang dilakukan dengan cara mengeluarkan kelebihan gas dari dalam perut melalui mulut. Tahukah Anda jika sendawa bisa jadi gangguan pencernaan yang lebih serius dan tidak boleh disepelekan. Sebenarnya, seperti apa sih sendawa yang menandakan masalah kesehatan?

Dilansir dari Dokter Sehat, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mewaspadai sering sendawa jika kita mengalami gejala seperti perut kembung, nyeri perut, sembelit, atau bahkan diare, bisa jadi hal ini disebabkan oleh masalah iritasi usus atau dalam dunia medis disebut sebagai irritable bowel syndrome.

Selain gejala-gejala yang telah disebutkan di atas, sindrom iritasi usus ini juga biasanya disertai dengan gejala lain seperti kesulitan untuk menelan, nyeri pada bagian dada atau perut atas, dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan yang berimbas pada suara serak.

Masalah kesehatan lain yang bisa menyebabkan gejala yang mirip adalah gastritis atau peradangan pada perut. Biasanya, kondisi ini juga disertai dengan nyeri pada perut bagian atas, sensasi mual dan muntah, hingga hilangnya nafsu makan.

Demi menghindari masalah kesehatan yang berkaitan dengan sendawa ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak merokok, membatasi konsumsi minuman beralkohol, minuman berkafein, hingga makanan dengan rasa pedas dan berlemak. Jika perlu, mulailah pola makan yang baru, yakni makan dengan porsi kecil dengan frekuensi lebih sering sehingga bisa mencegah kenaikan asam lambung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES